Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Tips #3 : Horison Lurus Pada Potret Pemandangan di Pantai

Ada sebuah hal kecil saat memotret yang kadang tidak kita perhatikan saat mengambil foto. Hal ini biasanya terjadi pada saat kita mengambil gambar pemandangan, terutama pemandangan di pantai.

Takjubnya kita pada keindahan kita saat melihat matahari terbit (sunrise) atau tenggelam (sunset), sering membuat kita mengabaikan hal yang satu ini.

Hal itu adalah horison lurus.

Perhatikan dua buah foto di bawah ini

Foto 1 :

Horison Lurus

Foto 2 :

Pantai Batu Saung, Anyer, Banten

Keduanya menggunakan obyek yang sama di Pantai Batu Saung, Anyer, Banten.

Mengapa horison dalam foto harus lurus?

Karena, foto akan terkesan miring kalau horisonnya tidak lurus. Hal ini akan menyulitkan siapapun yang melihat. Mereka perlu memiringkan kepala untuk melihatnya. Padahal posisi itu bukanlah posisi umum seseorang saat melihat foto.

Kecuali memang Anda bermaksud membuat sebuah foto bernilai seni dan agak surealis, maka penggunaan horison lurus dalam foto akan dianjurkan.

Cara membuat horison lurus

Tidak sulit.

Di kamera-kamera digital masa kini,hampir semua kamera sudah diperlengkapi dengan grid atau garis bantu untuk memastikan horison lurus, tidak miring.

Biasanya garis bantu itu akan berubah warna menjadi hijau ketika garis horison sudah tidak lagi terlihat miring.


Kalaupun Anda memakai smartphone, jangan khawatir. Fitur garis bantu ini sudah banyak ditemukan dalam berbagai smartphone.

Cek manual kamera atau smartphone Anda bagaimana mengaktifkan fitur ini.

Kalau masih juga tidak ada, Anda bisa mencari benda-benda yang bisa membantu, seperti pohon dan lain sebagainya. Meskipun kadang tidak sempurna, kalau kita terbiasa maka horison bisa dibuat selurus mungkin.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?