Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?


Mungkin, Anda sudah pernah melihat banyak foto dengan background blur atau kabur? Itulah yang disebut dengan "bokeh".

Bokeh adalah istilah dalam fotografi yang artinya "mengaburkan". Kata ini merupakan kata serapan dari bahasa Jepang.

Efek bokeh dihasilkan dengan cara memanipulasi keterbatasan yang ada pada lensa kamera dimana dalam settingan tertentu, lensa kamera hanya bisa fokus pada titik tertentu. Hasilnya adalah bagian yang terfokus akan tetap jelas dan detil, sedangkan sisanya akan menjadi kabur.

Penggunaan efek bokeh 

Membuat foto dengan background blur dilakukan biasanya karena beberapa sebab, seperti :

1. Fotografer ingin membuat Obyek lebih menonjol

Terkadang fotografer menemukan sebuah obyek menarik, tetapi di sekitarnya ada satu atau dua benda atau obyek lainnya yang mirip atau serupa.

Menampilkan ketiganya sama rata akan membuat perhatian yang melihat akan tidak fokus. Disitu biasanya sang fotografer akan memilih yang mana yang akan ditonjolkan dan kemudian membuat yang lain "kabur" aloas tidak jelas.

2. Fotografer ingin membuang latar belakang yang terlalu ramai

Prinsip standar para fotografer adalah KISS, Keep It Simple Stupid. Pelajaran mengatakan sebuah foto yang sederhana cenderung menghasilkan kesan lebih menarik dibandingkan yang terlalu "ramai".

Selain itu bila background terlalu ramai juga, maka obyek yang seharusnya menjadi fokus menjadi kurang menonjol.

Inilah satu alasan lagi mengapa fotografer membuat foto dengan background blur, yaitu untuk membuang "bagian" yang "ramai". Dengan begitu obyek utamanya menjadi lebih menonjol.


3. Membuat foto menjadi artistik

Sebenarnya efek bokeh lahir dari kesalahan, keterbatasan. Tetapi, ternyata hasil akhirnya justru menjadi lebih terkesan artistik dan berseni.

Oleh karena itu, banyak fotografer justru melakukannya dengan sengaja karena "bokeh" justru membuat foto menjadi lebih menarik.

Nah, itulah efek bokeh dan mengapa Anda mungkin menemukan banyak sekali foto dengan background blur.

Bukan karena ada masalah pada lensa atau sang fotografer kurang ahli menyetting kameranya. Justru sebaliknya, foto dengan latar belakang blur menunjukkan bahwa sang fotografer mengerti dengan baik tentang kamera dan tehniknya.

Buktinya ia bisa menghasilkan foto dengan bokeh. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel