Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Membuat foto hitam putih? Untuk apa?

Memang seperti sebuah pemikiran yang aneh di masa sekarang ini bila ada yang masih menggunakan foto hitam putih. Pas foto untuk keperluan dokumen resmi saja sudah memakai foto berwarna dan tidak lagi hitam putih.

Meskipun demikian, terkadang, namanya juga manusia, tetap ada bagian dari diri manusia untuk sejenak mengingat kembali masa-masa tersebut. Masa-masa dimana semua sepertinya serba sederhana dan tidak rumit.

Terkadang banyak orang masih sering memandang foto-foto yang dipotret pada masa tersebut. Foto-foto yang sering hanya memiliki dua warna, hitam dan putih saja. 

Sisi manusia yang ini sering dimanfaatkan oleh fotografer untuk memancing timbulnya perasaan nostalgia dari yang melihat. Caranya sederhana dengan membuat foto-foto yang bercirikn masa lalu, yaitu dwiwarna saja. Bukan merah putih, melainkan hitam putih. Kedua warna ini seperti mewakili kehadiran masa lalu di zaman modern ini.

Tidak sulit membuatnya sebenarnya. Hampir semua kamera di masa kini sudah diperlengkapi dengan fitur untuk bisa memotet foto hitam putih. Tinggal sedikit mengatur settingan dalam kamera, maka kita bisa mulai mengambil gambar seperti masa lalu.

Tetapi, bagaimana kalau ternyata foto yang bernilai nostalgia tersebut sudah ada.. dan berwarna? Untuk memotret ulang tentunya tidak mungkin karena momen tersebut sudah lewat dan tidak akan bisa diulang..

Jangan khawatir. Pergunakan saja Photoscape!

Ya. Software gratis ini memiliki fungsi yang bisa membuat foto berwarna menjadi foto hitam putih.

Lakukan saja langkah-langkah berikut :

Membuat foto hitam putih dengan Photoscape

1. Pilih foto yang akan diubah

2. Klik icon Photoscape di layar untuk membukanya. Tampilannya akan seperti di bawah ini
3. Pilih fitur Editor
4. Layar untuk melakukan editting akan seperti di bawah ini


5. Pilih foto yang akan diubah. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jendela di sebelah kiri untuk browse komputer Anda dan menemukan foto yang akan diubah. Caranya mirip dengan Windows Explorer

6. Double Klik foto tersebut maka secara otomatis foto itu akan tampil di layar edit



7. Lihat ke sudut kiri bawah dari layar edit. Posisinya tepat di sebelah jendela untuk browse file. Ada sebuah folder dimana tertulis "Home"



Ada empat buah simbol yang masing-masing mewakili beberapa jenis mode "Hitam Putih", yaitu Sepia, Greyscale, BW Treshold, dan Invert Magazine.

Pilih yang bertuliskan Greyscale (Untuk yang lain akan dijelaskan terpisah). Lihat foto di atas yang sudah diberi tanda panah.

Klik simbol itu.

8. Hasilnya bisa langsung dilihat di layar edit


10. Lakukan Save kalau sudah puas. Kalau belum tekan undo atau undo all untuk mengulangi.

Selesai sudah. Anda sudah punya sebuah foto hitam putih yang mungkin akan memuaskan kerinduan Anda terhadap sekeping masa lalu.

Mudah bukan?

Tidak susah membuat foto hitam putih dengan Photoscape. Lebih susah melupakan kenangan masa lalu, terutama terhadap seseorang.

Bukan begitu, kawan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel