Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Mengecilkan Foto di Android dengan Photo Resizer


Pemandangan indah saat kita sedang traveling memang sering membuat kita tidak terhanyut. Tangan jeprat jepret sibuk menekan shutter release merekam keindahan alam yang ada di depan mata.

Lalu? Kirim via WA, BBM atau Line dong!

Nanti dulu. Jangan langsung kirim foto-foto itu. Ada satu langkah lagi yang harus dilakukan sebelum foto tersebut dishare. Anda harus mengecilkan foto tersebut.

Seperti sudah disebutkan dalam artikel sebelumnya, menguplpad foto ke media sosial atau mengirimkannya melalui fitur chatting bisa merugikan, baik bagi yang mengirim atau menerima.

Lihat artikelnya di Mengapa Harus Memperkecil Ukuran Foto

Tetapi, bagaimana kalau selama traveling Anda tidak membawa notebook untuk mengecilkan fotonya ke ukuran yang tidak terlalu besar. Bukan sebuah masalah, Anda bisa langsung mengecilkan fotonya di smartphone.

Sudah banyak aplikasi pengecil ukuran foto di android atau smartphone lainnya. Yang perlu dilakukan hanyalah mencari yang cocok untuk smartphone kita.

Ada satu aplikasi android pengecil ukuran foto yang tidak besar, sederhana dan sangat mudah digunakan. Namanya Photo Resizer.

Iconnya seperti di bawah ini.



Ukurannya kecil hanya 11.5 Mb saja dan tidak akan terlalu memberatkan sistem. Juga untuk mendownload dan menginstallnya tidak akan memakan kuota internet terlalu banyak.

Silakan cari di Google App store dan kalau sudah menemukan, langsung install saja.

Cara mengecilkan foto di Android dengan Photo Resizer

Nah, kalau sudah terinstal, klik saja iconnya , maka akan tampil layar seperti di bawah ini :


Tekan "Select photo(s)". Anda akan dibawa masuk ke dalam folder penyimpanan foto-foto. Tergantung jenis smartphone-nya, biasanya ada di galeri atau download atau Camera.

Silakan pilih satu atau langsung beberapa foto sekaligus. Sampai 10 Photo Resizer juga bisa.

Kemudian foto-foto akan ditampilkan di layar baru. Di bagian atasnya ada menu "Resize", "Crop", dan "Share".


Tekan "Resize". Lalu akan tampil pop up menu berisi pilihan ukuran yang ingin dihasilkan. Ukuran berdasarkan pixel seperti 320 x 240 dan lain-lain.

Ukuran yang biasa saya pakai adalah 640 x 480 karena biasanya akan menghasilkan foto baru dengan ukuran sekitar 50 - 100 Kilobyte atau Kb saja. Foto dengan ukuran ini akan dapat dengan mudah ditransfer atau diupload. Hanya perlu 2-3 detik saja kalau memakai mobile internet.

Mengenai kualitas, foto berukuran seperti ini masih bisa dinikmati dengan baik bahkan di layar sebuah notebook, apalagi hanya di layar smartphone.

 Anda juga bisa menentukan ukuran sendiri dengan memakai menu "Custom".


Setelah itu, SELESAI. Di layar smartphone akan terlihat foto-foto dalam ukuran baru yang sangat lebih kecil.

Bila Anda mau langsung men-share, silakan klik tombol share di sudut kanan atas dan akan segera keluar menu pilihan seperti WA, BBM, Instagram dan lain sebagainya.

Kalau Anda hendak memilah-milah dulu dan mengirimkannya kemudian, tidak masalah. File foto yang sudah dikecilkan tersimpan di Galeri=>Photo Resizer. Foto original atau aslinya juga tetap ada di folder Camera.

Semudah itu? Ya, memang semudah itu mengecilkan foto di android dengan Photo Resizer.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecilkan foto setiap kali Anda hendak berbagi dengan teman, rekan, atau keluarga. Sangat lumayan bisa menghemat kuota internet baik yang mengirim atau menerima.

(Catatan : Photo Resizer adalah aplikasi gratis. Meskipun demikian, akan ada tampilan iklan di saat kita mempergunakannya)

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?