Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Mengenal EXIF Data Sebuah Foto

EXIF data atau seringnya disebut dengan EXIF saja merupakan singkatan dari Exchangeable Image File Format.

Istilah ini sudah lazim diketahui dalam dunia fotografi atau bidang-bidang lain yang berkaitan dengan pemakaian image atau foto. Meskipun demikian, EXIF masih merupakan istilah yang asing bagi banyak orang.

EXIF pada dasarnya merupakan data pribadi sebuah foto. Tidak beda dengan KTP yang dimiliki seorang warga negara yang berisikan data-data pribadi pemegang kartu, begitulah kira-kira fungsi EXIF sebuah foto. Di dalam "kartu" EXIF sebuah foto , terdapat data-data terkait foto tersebut.

Isinya berisi berbagai macam informasi, mulai dari jenis kamera yang dipergunakan, kepekaan sensor/ISO, focal length, apakah menggunakan flash atau tidak, dan masih banyak data lainnya. Data-data ini terekam bersamaan dengan ketika seorang menekan tombol shutter release dalam sebuah kamera digital.

Sebagai contoh foto di bawah ini :


Foto di atas diambil dari kamera Fuji Finepix HS35EXR dengan memakai ISO 200, shutter speed 1/400 dengan aperture 6.4.

Bagaimana bisa kita mengetahui data seperti itu, karena di dalam kartu "EXIF" foto tersebut semua itu tercantum. Bisa lihat di bawah ini.

Ini adalah hasil screenshot dengan memakai software myFinepix Studio, software yang disertakan dengan kamera saat dibeli.

Dengan hanya memilih menu EXIF Information, maka akan ditampilkan semua data terkait foto tersebut.

Manfaat mengetahui EXIF data

Ada banyak manfaat bagi seorang fotografer atau penggemar fotografi untuk memahami EXIF. Data tersebut sangat berguna

1. Untuk belajar

Data yang terdapat dalam exif seperti penggunaan ISO, Aperture, Speed dan sebagainya dapat membantu seorang fotografer pemula untuk belajar.

Dalam hal ini ia bisa melihat dan mengetahui bagaimana setting kamera untuk menghasilkan efek foto tertentu. Ia kemudian bisa meniru dan melakukan esperimen sendiri untuk melatihnya.

2. Untuk mengetahui apakah sebuah foto sudah diedit atau belum

Sering kita menemukan sebuah foto yang membuat kita mengatakan "amazing", "luar biasa" tetapi kadang ada kesan bahwa foto tersebut tidaklah "natural".

Nah, dengan melihat EXIF datanya, kita bisa melihat apakah foto tersebut memang foto yang murni keluar dari kamera atau sudah melalui proses foto editting. Beberapa software dapat menampilkan data tentang kamera atau software yang dipakai.

Dari sini, kita bisa mengerti apakah foto sudah diedit atau belum

Cara melihat  EXIF Data

Tidak sulit untuk melihat EXIF data sebuah foto. Tidak memerlukan software atau perangkat khusus untuk melakukannya. Juga tidak memerlukan keahlian khusus apapun, semua orang dapat mengerjakannya.

Ada beberapa cara untuk melakukannya


a. Menggunakan Windows Explorer

 Kalau fotonya sudah berada di dalam hard disk komputer, pergunakan Windows Explorer.

Pilih foto yang akan dilihat dan kemudian klik kanan. Akan timbul drop down menu dan pilihlah "Properties". Kemudian pilih menu "Advanced".

Maka akan keluar tampilan seperti di bawah


Hanya, kalau memakai cara ini, belum bisa terlihat apakah sebuah foto sudah diedit atau belum. Pada data masih akan tercantum kamera yang menghasilkannya.

b. Memakai foto software editting

Kalau untuk melihat data EXIF , saya menggunakan software bawaan dari Fuji (karena kamera yang saya pakai Fuji). Tetapi, sebenarnya masih banyak software lain yang dapat menampilkan EXIF data.

Tinggal browsing di Google dan Anda akan bisa menemukan banyak sekali pilihan.

c. Memakai Exif viewer online

Kalau Anda hanya memakai sesekali, tentunya untuk apa menginstall softwarenya. Repot. Ada cara lain untuk melihat EXIF data secara online. Banyak website menyediakan fasilitas yang sama

Salah satunya Verexif.

Cukup upload foto yang hendak dicari datanya dan kemudian tekan "View EXIF" maka informasinya akan segera muncul di tab baru.

Hasilnya seperti di bawah ini :


Silakan Anda coba sendiri.

Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?