Mengenal Perangkat Lunak Photoscape : Mudah Dan Menyenangkan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Saturday, September 10, 2016

Mengenal Perangkat Lunak Photoscape : Mudah Dan Menyenangkan



MUDAH DAN MENYENANGKAN.

Itulah target yang menjadi landasan MOOII Tech, Korea ketika menciptakan perangkat lunak Photoscape. Selama ini, kebanyakan photo editting software yang ada terlalu rumit bagi kalangan awam untuk mempergunakannya, tetapi tidak demikian dengan Photoscape.

Seseorang yang tidak terlalu mengerti tehnik komputer atau fotografi sekalipun dapat mempergunakannya setelah mempelajarinya selama beberapa saat. Paling tidak itulah yang saya rasakan ketika pertama kali bertemu dengan perangkat lunak editor citra ini. Sama sekali tidak sulit.

Tampilannya juga sederhana. Tidak terlalu banyak menu yang tersedia. Tetapi tidak berarti Photoscape tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan terhadap sebuah foto dengan baik. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya cukup mumpuni untuk memenuhi banyak kebutuhan dasar dalam post processing terhadap sebuah foto.

Apa yang bisa dilakukan Photoscape?

Banyak!

Mulai dari sekedar melihat sebuah foto hingga mengubah format dari bentuk RAW ke dalam JPG. Photoscape juga mampu untuk merubah saturasi warna, mempertajamnya, membuat lebih terang, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya apa yang bisa dilakukan Photoscape sudah terlihat di tampilan awalnya, tetapi ada beberapa fungsi yang berkaitan langsung dengan pengubahan citra sebuah foto, seperti :

Editor

 

Pada kategori ini akan ditemukan berbagai menu yang bis dipergunakan untuk melakukan perubahan pada sebuah foto atau image digital, seperti saturasi warna, memperjelas, melakukan cropping, mempertajam, dan termasuk merubah ukuran foto.

Cukup komplit dan melebihi kebutuhan kebanyakan orang dalam hal foto editting. Tentu agak berbeda dengan Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Kedua nama yang terakhir memang menargetkan pada kalangan yang sudah lebih 'advance" dalam dunia fotografi, sedangkan Photoscape lebih ke kalangan umum.

Meksipun demikian, fungsi editor pada software ini sudah akan memenuhi sebagian besar dari apa yang diperlukan banyak penggemar fotografi.

Batch Editor

 

Kalau malas untuk melakukan editting foto secara satu persatu, ada fungsi Batch Editor dimana perubahan dapat dilakukan sekaligus pada banyak foto.

Fungsi ini dapat menghemat cukup banyak waktu.

RAW Converter

 

Kalau belum tahu apa itu RAW dalam fotografi, silakan lihat tulisan "Mengenal RAW dalam Fotografi".

Fungsi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sangat kreatif dan tidak mau terikat dengan image versi JPG yang tergantung standar dari pabrikan. Dengan adanya fungsi ini, maka akan bisa dilakukan berbagai modifikasi terhadap sebuah foto yang disesuaikan dengan keinginan.

Cukup mumpuni dengan hasil yang lumayan.

Selain itu, masih terdapat beberapa fungsi lainnya, seperti Animated GIF yaitu untuk membuat animasi, Combine untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu, dan beberapa fungsi lainnya.

Masing-masing akan dibahas satu persatu di artikel terpisah.


Photoscape Gratis

 

Yang paling menyenangkan tentunya adalah software yang cukup bagus ini adalah software GRATIS. Tidak berbayar sama sekali dan juga tidak banyak iklan terpasang sehingga tidak mengganggu saat mengerjakan editting sebuah foto.

Kalau memang mau mencoba silakan download filenya di sini.

Mudah sekali proses instalasinya.

Potoscape tersedia untuk Windows dan juga Mac. Belum tersedia versi untuk Linux.


EmoticonEmoticon