Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Mengatur Terang atau Gelap Pada Kamera Android (Smartphone)


Kamera smartphone adalah andalan banyak orang untuk mengabadikan berbagai momen dalam kehidupan. Perayaan ulang tahun anak, momen bahagia bersama keluarga, dan berbagai momen lainnya.


Kamera jenis ini sangat praktis digunakan. Terlebih kebanyakan orang yang menggunakannya memang membutuhkan hal itu saja dan bukan berbagai tehnis yang rumit. Seringnya pun digunakan dengan menggunakan mode auto yang menjamin hasilnya akan cukup enak dilihat.

Sayangnya dalam beberapa situasi pemakaian mode auto menghasilkan foto-foto yang entah terlalu gelap atau terlalu terang. Padahal sebuah foto dengan pencahayaan seperti itu kurang begitu enak untuk dilihat.

Untuk itu sebenarnya sudah disediakan fitur khusus untuk mengatur terang dan gelap sebuah foto. Fiturnya sangat sederhana dan tidak memerlukan skill tertentu.

Namanya Fitur Expossure.

Biasanya fitur ini tersembunyi di balik menu Pro atau Manual yang ada di kamera smartphone. Karena terlalu seringnya orang menggunakan mode auto, fitur ini jarang digunakan.

Bila Anda ingin menggunakannya maka Anda harus keluar dari mode auto dan masuk ke menu manual. Langkahnya bisa diikuti di bawah ini.

1. Masuk ke menu kamera

2. Aktifkan mode Manual atau Pro di smartphone


Silakan lihat menu kamera yang ada di Samsung Galaxy Tab A7 di bawah sebagai contoh.



2. Fitur Exposure atau lambangnya akan muncul di layar kamera

3. Atur sesuai kemauan, (+) artinya semakin terang (-) artinya semakin gelap


Contoh seperti di bawah ini

Hasil (+2)


Hasil (-2)



4. Tekan tombol shutter (lambang kamera) 

5. Selesai


Memang sederhana. Tetapi, fitur exposure ini sangat bermanfaat untuk membuat foto menjadi terang atau gelap.

 Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?