Mengenal Fotografi Makro atau Macro Photography - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Thursday, November 10, 2016

Mengenal Fotografi Makro atau Macro Photography


Fotogafi Makro atau Macro Photography adalah kategori fotografi yang menekankan pada detail dari obyek yang ditampilkan. Bisa kata kategori ini adalah mirip dengan foto close-up tetapi dengan menggunakan obyek yang kecil, seperti bunga atau serangga.

Dalam kategori ini , obyek yang biasanya tidak bisa terlihat jelas oleh mata diperlihat besar dan bahkan sangat detail. Mirip dengan melihat sesuatu dengan memakai mikroskop.

Biasanya sebuah hasil karya fotografi makro merupakan perpaduan dari obyek kecil + latar belakang blur (bokeh). Latar belakang tidak terlalu memegang peranan penting, oleh karena itu seringkali sengaja dikaburkan.


Cara pembuatan foto dalam kategori ini biasanya dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas zoom optikal yang ada di kamera digital masa kini. Semakin besar kemampuan zoom yang bisa dilakukan kamera, semakin detil foto yang akan dihasilkan.

Anda bisa coba sendiri melakukannya karena cukup mudah.

Pilih obyek yang kecil, atau juga bagian tertentu dari sebuah obyek yang besar, kemudian arahkan lensa dengan zoom maksimal yang bisa dilakukan. Kalau bisa, lakukan dengan sedekat mungkin dengan obyek.

 


EmoticonEmoticon