Posts

Showing posts from July 10, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Memotret Orang Asing Itu Menyenangkan Juga

Image
Selalu ada resiko ketika memotret orang asing yang tidak kta kenal. Bisa jadi mereka tidak menukai kita mengambil gambarnya dan mungkin menyebabkan mereka marah.

Sebenarnya tidak salah sama sekali, kalau menurut hukum, ketika memotret seseorang di tempat umum.

Sayangnya, masih banyak yang tidak mengerti tentang aturan tersebut.

Meskipun demikian, tidak semua orang akan menolak untuk dipotret. Tidak jarang bahkan bersedia berpose untuk kamera. Kadang ada juga yang cuma nyengir. Atau cuma melirik seperti foto dua turis asing di Kebun Raya Bogor ini.

Mungkin dia mau protes ragu. Mungkin heran sama tingkah yang motret. Mungkin juga merasa dirinya sudah jadi superstar sampai dikejar paparazzi.

Yang manapun, itu justru membuat memotret orang tidak dikenal menyenangkan. Penuh dengan berbagai pertanyaan yang akhirnya memacu adrenalin.


Bunga, Obyek Yang Selalu Menarik Untuk Diabadikan

Image
Bunga, atau kembang, bisa dikata salah satu obyek yang tak lekang oleh masa. Tidak terpengaruh oleh genre apa yang dianut oleh fotografer.

Setiap pemegang kamera, entah profesional atau amatir atau bahkan yang baru saja membeli kamera, hampir tidak pernah tidak pasti pernah memotretnya.

Sebuah kesukaan yang universal, sepertinya.

Tidak mengherankan sebenarnya. Banyak faktor yang menjadikan bunga sebagai obyek yang sangat cocok bagi kamera.

Ukurannya kecil Jarang sekali ada bunga yang berukuran besar. Mayoritas memiliki ukuran yang kecil. Sebuah ukuran yang sangat pas dengan layar kamera dari jenis apapun. Tidak akan memerlukan usaha terlalu banyak untuk menempatkannya dalam bingkai pentamirror atau layar LCD sebuah kamera digital.

Warna-warni Warna adalah bagian yang sangat penting dalam pembentukan komposisi sebuah foto. Sekuntum bunga, apapun warnanya sudah menyediakan satu bagian penting bagi sebuah foto untuk diabadikan.

Membangkitkan Gairah Setiap manusia akan memiliki nilai est…