Posts

Showing posts from July 24, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Kill The Babies : Pilih Yang Terbaik

Image
Kill The Babies, begitulah istilahnya.Saya membacanya di sebuah blog milik fotografer jalanan terkenal, Eric Kim Blog.

Ia seorang warganegara Amerika Serikat berdarah Korea. Masih muda, berusia di bawah 30 tahun. Namanya sudah melanglang buana dan ia sudah mengadakan berbagai workshop di seantero dunia.

Kalau mau melihat hasil-hasil karyanya, filosofi dan blognya bisa di sini . (Dalam bahasa Inggris, tetapi seharusnya bukan sebuah masalah untuk Anda). Ada e-book panduan "street photography" yang bisa didownload gratis sebagai bahan pembelajaran.

Dari berbagai tulisannya lah istilah itu saya kenal.


Makna Kill the Babies Terdengar kejam dan tidak berperikemanusiaan. Mengapa pula harus membunuh "bayi"?

Sebelum terjadi salah tangkap bahwa saya ini sedang berbicara tentang kekejaman, mungkin ada baiknya saya berikan sedikit background.

Dalam dunia fotografi digital dewasa ini, para fotografer atau penggemar fotografi seringkali memotret "terlalu banyak". Kemud…