Posts

Showing posts from August 14, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Tips #1 : Langkah Awal Menekuni Fotografi, Mengenali Kamera

Image
Seperti juga awal dari segala sesuatu, biasanya kita harus memulai secara perlahan dan dengan melakukan langkah yang paling sederhana.

Begitu pun dalam menggeluti dunia fotografi. Tidak berbeda.


Langkah awal akan selalu perlahan dan agak membosankan. Tidak menantang, tetapi sebenarnya sangat penting.

Langkah itu, menurut saya, adalah mengenali kamera yang akan dipakai.

Anggaplah Anda memulai dengan membeli sebuah kamera, baik prosumer atau  DSLR (Digital Single Lens Reflex). Lalu biasanya, karena begitu bersemangat dan bergairah, maka yang langsung dilakukan adalah dengan memotret dan terus memotret.

Tidak bisa disalahkan. Namanya barang baru dan juga sedang semangat, biasanya memang itu yang akan dilakukan.

Sayangnya menurut saya hal itu kurang baik.

Hubungan antara seorang fotografer dengan kameranya, bisa diibaratkan sebagai pasangan joki dengan kuda tunggangannya. Seorang joki harus mengenal kudanya sendiri agar ia bisa memacunya dengan cepat dan mencapai garis finish pertama.

Beg…

Fotografi Mengabadikan Momen Sebelum Menjadi Masa Lalu

Image
Seni mengabadikan momen, itu adalah salah satu definisi yang paling tepat, menurut saya, tentang apa itu fotografi. Mungkin ada banyak yang lebih menyukai definisi lainnya, seperti 'melukis dengan cahaya', tetapi dalam pandangan saya, sang penggemar fotografi, arti fotografi yang pertama lebih mengena.

Berrnice Abbot, seorang fotografer wanita asal Amerika Serikat pernah berkata :

'Photography can only represent the present. Once photographed, the subject becomes part of the past'
(Fotografi hanya bisa mewakili masa kini. Setelah diabadikan, subyek menjadi bagian dari masa lalu)

Kutipan dari sang fotografer awal abad ke-20 ini mengibaratkan bahwa kehidupan manusia bagaikan rangkaian trilyunan slide foto yang terus berjalan. Tidak ada jalan mundur alias kemungkinan diputar ulang.

Semuanya akan terus berjalan maju.

Ketika seseorang menggunakan kameranya untuk merekam sesuatu, maka ia sebenarnya sedang merekam sebuah momen dan bagian dari kehidupan itu sendiri.

Sepotong. …

Berlatih Memotret Harus Kapan Saja, Dimana Saja, dan Dengan Kamera Apa Saja

Image
Fotografi adalah tentang, bukan pengetahuan, melainkan skill atau keahlian. Prinsip "practice makes perfect" berlaku dalam hal ini.

Seseorang yang ingin menghasilkan sebuah foto yang bagus tidak dengan serta merta bisa melakukannya. Proses yang harus dilalui oleh seseorang untuk dapat mencapai level seorang fotografer handal adalah sebuah jalan yang panjang dan bukan sebentar.

Butuh kesabaran dan ketekunan untuk meraihnya.

Oleh karena itu, berlatih merupakan kunci utama untuk menjadi fotografer yang handal. Tidak berbeda dengan para atlit, aktris, dan sebagainya, seorang fotografer harus mau bersusah-susah dahulu sebelum menikmati hasilnya, berupa foto yang indah dan menarik.

Mungkin bagi orang awam, menghasilkan foto yang bagus dan menarik hanya perlu kamera modern dan berharga mahal. Sebuah pandangan yang bisa dikata 100% salah karena fotografi memerlukan lebih dari hanya sekedar kamera.

Justru fotografi lebih tergantung pada manusia di belakang kameranya.

(Silakan lihat …