Posts

Showing posts from August 28, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Yang Bisa Dilatih Dengan Kamera HP

Image
Tidak setiap hari seorang penggemar fotografi bisa membawa kamera. Ada banyak saat dimana terpaksa kamera andalan harus menjadi penunggu rumah.
Sayang memang kebanyakan ukuran kamera terutama DSLR, Mirrorless , atau sekedar prosumer masih lumayan besar untuk terus menerus ditenteng. Ukurannya masih terasa mengganggu pergerakan kita dalam banyak sikon.
Padahal, banyak momen menarik terlintas setiap saat, apalagi jika kita seorang penggemar fotografi jalanan. Belum lagi kalau saat dimana kita tidak bisa membawa kamera andalan merupakan saat dimana seharusnya kita berlatih.
Belum lagi kalau kemudian ternyata kegiatan yang harus dilakukan ternyata mengharuskan kita menunggu. Rasanya waktu terbuang percuma kalau hanya bisa bengong saja.

Untungnya, HP, smartphone atau gadget sekarang sudah pasti dilengkapi dengan sebuah kamera.
Tidak mewah, megapixel kecil, lensa biasa, zoom hanya zoom digital yang terbatas. Itulah karakter kamera yang biasa ada di sebuah HP. Kecuali snartphone tingkat dewa…

Memotret Bunga Itu Mudah Tetapi Susah

Image
Memotret bunga itu mudah. Obyeknya statis alias tidak bergerak dan berarti pemegang kamera tidak perlu terburu-buru. Ia akan memiliki waktu yang cukup untuk mengatur setting terbaik di kameranya untuk menghasilkan foto sesuai dengan idenya.

Ditambah pula dengan kenyataan bahwa bunga itu cantik dan berwarna-warni. Bahkan yang namanya bunga bangkai saja, tetap enak dipandang mata.

Jadi, bisa dikata kalau mau obyek yang mudah dan enak dipandang mata, ya potretlah bunga.


Masalahnya, semua orang tahu itu. Semua orang setuju bahwa bunga itu cantik. Jadilah jumlah orang yang memanfaatkan bunga sebagai obyeknya tidak terhitung. Banyak dan sangat banyak.

Akhirnya, jumlah foto bunga yang dihasilkan dan beredar di dunia maya tak terhitung jumlahnya.

Sulit, akhirnya menjadi sebuah tantangan sendiri untuk menghasilkan foto bunga yang bisa menarik. Butuh usaha keras bagi seorang fotografer untuk menampilkan foto bunga yang bukan sekedar "bunga".

Bukan sesuatu yang gampang.


Untuk membuatny…

Foto Hitam Putih Untuk Memberikan Nuansa Kuno

Image
Manusia itu aneh.

Dulu ketika kamera pertama kali lahir, benda ini belum seperti sekarang yang bisa menghasilkan foto berwarna-warni. Sebelum tahun 1861, yaitu tahun dimana Thomas Sutton pertama kali mencetak foto berwarna, semua foto adalah hitam putih.

Memang sebelum itu, yaitu sekitar tahun 1850-an seseorang bernama Levi Hill pernah mengeluarkan foto berwarna. Sayangnya sebagian warna dalam fotonya bukan keluar dari kameranya, tetapi ditambahkan dengan menggunakan tangan. Barulah pada tahun 1861 itu Sutton mengeluarkan versi foto berwarna, meskipun saat itu hanya terdiri dari 3 warna saja.

Sekarang, semua kamera, bahkan yang paling murah dan sederhana sekalipun, sudah pasti akan menghasilkan foto berwarna. Tidak ada lagi kamera yang hanya bisa menghasilkan hitam putih.

Semua berwarna.


Herannya, di abad yang penuh warna ini, ternyata semakin hari jumlah penggemar foto hitam putih semakin bertambah. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai komunitas fotografi dimana selalu disediakan…

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Image
Tips membeli kamera - Apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kamera? Merek? Harga? Kemampuan?

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan oleh mereka yang berniat membeli sebuah kamera baru. Biasanya mereka akan bingung untuk menemukan yang terbaik untuk dirinya.

Bagaimana tidak bingung, ada belasan merek kamera, dari mulai Canon, Nikon, Fuji, Panasonic, Pentax, dan masih banyak lainnya.


Setiap merek sendiri menawarkan cukup banyak jenis kamera, mulai dari kamera saku, prosumer, DSLR, Mirrorless. Setiap jenis sendiri juga memiliki berbagai seri yang rentangnya mulai dari untuk pemula, amatir, atau pro.

Jadi , bisa dibayangkan bingungnya memilih satu, dan hanya satu dari sekian banyak pilihan.

Hanya satu.

Kamera bukanlah sebuah benda yang dibutuhkan dan dipergunakan setiap hari. Jadi, biasanya orang hanya akan membeli satu untuk beberapa tahun. Bahkan fotografer paling berpengalaman sekalipun sangat jarang membeli 2 atau tiga sekaligus.

Apalagi bagi yang baru hendak memulai, mereka bias…

Bolehkah Menggunakan Foto Editting Software Dalam Fotografi

Image
Bolehkah menggunakan foto editting software dalam fotografi? Pertanyaan sederhana tetapi mencerminkan pergulatan yang sudah berlangsung sejak lama dalam dunia fotografi. Hingga saat ini perdebatan terkait hal yang satu ini masih kerap ditemukan.

Masalahnya sebenarnya sederhana. Penggunaan foto editting software, seperti Photoshop, Photoscape dan berbagai jenis perangkat lunak yang bisa memodifikasi sebuah foto dianggap mengurangi kemurnian dalam fotografi, oleh sebagian orang. Sebagian lainnya justru berpendapat bahwa hal tersebut harus diterima karena merupakan sebuah bentuk kemajuan dalam dunia potret memotret ini.

Perdebatan yang sangat panjang dan bisa menjadi panas kalau kaum puritan yang anti melakukan edit bertemu dengan kaum modernis yang mendukung penggunaan software untuk melakukan modifikasi sebuah foto.

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, mungkin kita perlu melihat sedikit beberapa fakta di bawah ini. Siapa tahu dengan membacanya, Anda bisa mengambil kesimpulan dan bisa…

Sebuah Foto Harus Memancing Keingintahuan Kalau Ingin Menarik Perhatian

Image
Untuk menarik perhatian, sebuah foto harus bisa menimbulkan rasa ingin tahu dari yang melihatnya.
Kalau keingintahuan itu sudah timbul, maka sudah pasti ia akan memberikan waktu lebih untuk mengamati dengan lebih teliti foto yang ada di hadapannya.

Itu adalah naluri manusia.

Bagi seorang fotografer, baik profesional, amatir atau sekedar penghobi, memancing keingintahuan orang akan menjadi sebuah pekerjaan yang lumayan sulit. Dengan jutaan foto yang dihasilkan setiap hari, bisa dikata hampir sulit untuk menonjolkan diri.


Oleh karena itu, setiap fotografer harus terus bereksperimen untuk menemukan cara-cara baru untuk membuat fotonya menonjol di antara berjuta yang lain. Tanpa hadirnya keingintahuan dala diri yang melihat besar kemungkinan, foto-foto tersebut akan tenggelam dalam tumpukan file digital tanpa ada yang memperhatikan.

Pengetahuan akan tehnik-tehnik dasar seni rupa dan fotografi juga akan sangat membantu untuk menimbulkan berbagai rasa ingin tahu dari orang lain. Penempat…

Memotretlah Dengan Gaya Anda Sendiri

Image
Pada dasarnya, memotret atau fotografi tidaklah beda dengan ngeblog. Serius, memang demikian menurut pandangan saya.

Di dunia maya beredar ribuan tulisan mengenai teori memotret yang baik dan benar. Meskipun demikian, kesemua itu tidak akan menjamin bahwa kalau dituruti, hasil foto yang kita dapatkan akan bisa menarik perhatian. Belum tentu sama sekali.

Kalau ditelusuri lebih jauh, maka akan ditemukan bahwa semua tulisan atau artikel yang membahas mengenai itu dibuat berdasarkan pengalaman dari seseorang. Biasanya disarikan dari pengalaman seseorang yang sudah menggapai sukses dalam bidangnya, dalam hal ini fotografi.

Oleh karena itulah, menuruti dan mengikuti dengan begitu saja berbagai teori yang tertulis, belum tentu akan menghasilkan sebuah hal yang sama.

Tentu saja tidak akan sama, karena selain orang yang berbeda, peralatan, pengalaman, dan juga tehnik yang dipergunakan akan berbeda. Jadi, kesemua itu tidak akan membawa Anda menghasilkan foto yang sama.

Hampir pasti berbeda.

Se…

Wanita Di Malam Hari (Foto)

Image
Terus terang.

Saya menyukai memotret apapun.

Juga tidak begitu menaruh perhatian dengan apa saya memotret. Kamera prosumer saya kah, si Galaxy Tab A7 atau Xperia M.

Kamera apapun yang kebetulan ada di tangan saya.

Obyeknya pun tidak terlalu memilih. Apa yang menurut saya menarik, maka saya akan potret.

Untungnya dalam era digital, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli film dan kemudian mencetaknya. Kalau memang terasa tidak bagus, ya dibuang.

Kalau lumayan buat ditampilkan, ya saya pajang.

Foto wanita di malam hari ini dibuat hanya dengan Samsung Galaxy A7 yang kualitas kameranya sebenarnya bahkan di bawah Xperia M. Aslinya berwarna, tetapi karena kualitas lensanya kurang bagus, akhirnya dengan bantuan software gratis Photoscape, dibuatlah menjadi hitam putih saja.

Not bad.