Posts

Showing posts from September 4, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Membuat Foto Lebih Terang Dengan Menggunakan Backlight Photoscape

Image
Membuat foto menjadi lebih terang - Tidak pemula, amatir atau pro pasti pernah mengalaminya. Maksudnya melakukan kesalahan dalam mengatur setting shutter speed sehingga hasil fotonya menjadi gelap. Contohnya seperti di atas.

Tidak enak dilihat karena banyak sekali bagian yang gelap. Hitam. Juga nuansa fotonya menjadi sangat suram dan tidak cerah agak berbeda dengan pemandangan di lokasi aslinya.

Lalu, bagaimana? Di-delete saja? Toh tidak enak untuk dilihat?

Jangan dulu. Foto ini masih bisa sedikit dimodifikasi agar lebih enak dilihat. Apalagi kalau kita sudah pergi jauh-jauh ke lokasi tersebut, rasanya sayang kalau dibuang. Belum lagi kalau hanya ada satu foto di lokasi itu.

Nah, saatnya menggunakan Photoscape yang sudah diperkenalkan dalam artikel sebelumnya. Disana ada satu fungsi yang bisa membantu memecahkan masalah foto yang terlalu gelap seperti ini.

Kalau belum tahu apa itu Photoscape, silakan baca dulu artikel "Mengenal Photoscape". Download softwarenya (gratis!) dan…

Foto : Pengemis Cilik di Pool Damri Bogor

Image
Entahlah apa yang sedang dipikirkan oleh si pengemis cilik saat foto ini diambil. Apa mungkin dia berpikir kapan bisa seperti yang lain bermain di Botani Square? Apa mungkin dia ingin sekolah?

Tidak tahu juga.

Yang pasti sosoknya di selasar penghubung antara Pool Damri Bogor dan Botani Square menarik untuk dijadikan sebuah foto.

Meskipun agak sulit karena sang Fuji Finepix terasa susah sekali mendapatkan fokus di gelapnya malam. Ini hasil yang terbaik dari beberapa yang bisa saya ambil.

Mengenal Perangkat Lunak Photoscape : Mudah Dan Menyenangkan

Image
MUDAH DAN MENYENANGKAN.

Itulah target yang menjadi landasan MOOII Tech, Korea ketika menciptakan perangkat lunak Photoscape. Selama ini, kebanyakan photo editting software yang ada terlalu rumit bagi kalangan awam untuk mempergunakannya, tetapi tidak demikian dengan Photoscape.

Seseorang yang tidak terlalu mengerti tehnik komputer atau fotografi sekalipun dapat mempergunakannya setelah mempelajarinya selama beberapa saat. Paling tidak itulah yang saya rasakan ketika pertama kali bertemu dengan perangkat lunak editor citra ini. Sama sekali tidak sulit.

Tampilannya juga sederhana. Tidak terlalu banyak menu yang tersedia. Tetapi tidak berarti Photoscape tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan terhadap sebuah foto dengan baik. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya cukup mumpuni untuk memenuhi banyak kebutuhan dasar dalam post processing terhadap sebuah foto.

Apa yang bisa dilakukan Photoscape? Banyak!

Mulai dari sekedar melihat sebuah foto hingga mengubah format dari bentuk RA…

Semua Orang Bisa Menjadi Fotografer

Image
Fotografer, kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti tukang foto atau juru foto. Dengan kata lain seseorang yang melakukan kegiatan merekam gambar dengan menggunakan kamera.

Sejak kamus itu terbit hingga saat ini, arti kata fotografer tidak mengalami perubahan sama sekali Sama saja.

Hanya, sebenarnya dalam kenyataan kata itu sendiri mengalami perubahan yang cukup besar, terutama ketika dikaitkan dengan perkembangan alat memotret itu sendiri, kamera. Kalau di masa tahun 1970-1990-an jumlah kamera yang beredar masih sangat terbatas. Harganya yang lumayan mahal membuat hanya segelintir orang yang mampu membeli dan membiayai kegiatan memotret ini.

Oleh karena itu acapkali, gelar fotografer itu menjadi agak terbatas dan terkesan eksklusif. Kata ini hanya disematkan pada mereka yang serius menekuni dunia fotografi, baik yang sifatnya komersial atau non-komersial.

Pengertian fotografer agak berubah dewasa ini.

Sekarang setiap kita membeli smartphone atau HP, maka biasanya kita aka…

Fotografi Memerlukan Eksperimen - Jangan Takut Berbuat Kesalahan

Image
Bukan hanya sains yang memerlukan eksperimen alias percobaan. Fotografi pun memerlukan keberanian yang terlibat di dalamnya untuk melakukannya.

Banyak orang mengira bahwa sebuah foto yang menarik bisa dihasilkan dengan mengandalkan naluri atau kamera saja. Kenyataannya pendapat tersebut jauh dari kebenaran.

Sebuah foto yang menarik biasanya merupakan hasil dari ratusan bahkan ribuan kali usaha berdasarkan trial and error yang dilakukan pembuatnya.

Mengapa eksperimen diperlukan dalm fotografi? Jawabnya karena fotografi tergantung pada banyak hal. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi hasil jepretan sebuah kamera, seperti

Jenis lensaJenis kameraArah datangnya cahayaSudut pemotretanBackgroundVolume cahaya
Dan masih banyak hal lainnya yang kalau disebutkan satu persatu memerlukan waktu yang panjang.

Perubahan terhadap salah satu faktor tersebut membuat harus dilakukan perubahan terhadap faktor-faktor yang lain. Hal itu menjadikan variabel yang perlu diperhatikan menjadi begitu banya…

Mengapa Fotografi Jalanan? Ketidakpastian selalu menarik untuk ditunggu

Image
Kalau dipikir-pikir, agak aneh mengapa cukup banyak orang tertarik pada genre fotografi yang satu ini. Padahal fotografi jalanan bukanlah jenis fotografi populer yang memungkinkan seseorang menjadi terkenal dan tentunya bisa menghasilkan uang.

Banyak orang bersedia membeli foto pemandangan alam yang indah. Sebagian lagi tidak akan segan membuka dompetnya untuk foto-foto eksklusif dari sebuah kegiatan olahraga populer. Banyak redaksi tidak segan mentransfer ratusan ribu rupiah untuk sebuah foto dari seorang selebriti terkenal dengan harga mahal. Pasangan yang hendak menikah selalu menyediakan budget khusus, yang bisa sangat besar, untuk memastikan momen mereka terekam dengan cara yang indah.

Semua bisa menghasilkan ketenaran dan uang.

Tetapi, siapa yang mau melihat foto dari orang-orang yang tidak mereka kenal dan tidak terkenal? Siapa yang mau mengarahkan mata pada foto dari orang biasa dengan kehidupan yang membosankan di jalanan?

Hampir tidak ada.

Bisa dikata demikian.

Hampir.

Pali…