Posts

Showing posts from September 18, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Rumah Sakit Tidak Selamanya Menakutkan

Image
Namanya rumah sakit bukanlah tempat yang menyenangkan. Tidak peduli sebagus apapun sebuah rumah sakit, tetap akan ada rasa tidak enak setiap kali harus memasukinya. Bahkan, untuk sekedar menjenguk seorang teman, nuansa di dalam tempat ini tidak pernah bisa menghadirkan keceriaan di hati.

Bagi saya seorang penggemar fotografi pun tidak berbeda. Perasaan yang sama tetap timbul, apalagi terakhir kali kesana adalah saat ibunda sedang sakit. Meskipun demikian, dengan kamera smartphone, suasana tidak enak itu bisa sedikit teratasi.

Setidaknya keresahan itu bisa berkurang karena ada sedikit kesibukan untuk dilakukan.





Bukan karya-karya yang akan mengundan decak kagum, tetapi setidaknya suasana hati tidak terlalu suram di kala itu.

(Lokasi : RS PMI Bogor)

Mengapa kita harus memperkecil ukuran foto sebelum dikirim atau diupload?

Image
"A picture is worth a thousand words"
Sebuah foto bermakna seribu kata. Pepatah dalam bahasa Inggris ini memang dipergunakan banyak sekali orang pada masa sekarang ini. Dibandingkan dengan harus capek mengetik pesan, banyak dari mereka menggantinya dengan mengirimkan sebuah foto.

Hasilnya memang sama, bahkan lebih daripada kalau sekedar kata-kata. Efeknya pun sering lebih tepat sasaran.

Sayangnya, ada satu hal yang terkadang menyebalkan dalam kebiasaan ini  Kebanyakan yang melakukan ini lupa memperkecil ukuran foto atau gambar yang mereka kirim melalui Whatsapp (WA) atau Blackberry Messenger (BBM) atau berbagai media sosial lainnya.

Kenapa menyebalkan? Bayangkan saja sebuah file foto yang dihasilkan sebuah kamera smartphone berukuran 5 MP (Megapixel/Megapiksel) saja biasanya berukuran 2 MB. Kalau ukuran MP-nya semakin tinggi, ukuran filenya pun semakin besar pula. Sebuah foto yang dihasilkan kamera dengan resolusi 13-16 MP, bisa dipastikan ukuran fotonya berkisar antara 5-6 …

Mengenal ISO dalam fotografi

Image
Banyak pengguna kamera awam, terutama yang memakai kamera smartphone, terkadang bingung saat mereka merubah setting kamera ke manual, ada tampilan bertuliskan "ISO 100:. Apa maksudnya dan apa fungsi dari fitur ini?

Mungkin artikel kecil ini bisa menjelaskan sedikit tentang apa fungsi ISO pada sebuah kamera.

Saya akan memulainya dengan dua buah gambar di bawah ini.

Bisakah Anda melihat beda antara kedua foto tersebut? Tentunya bisa. Foto kedua, dengan ISO 400 lebih terang dibandingkan dengan foto pertama yang menggunakan ISO 200.

Betul sekali, ISO berkaitan dengan cahaya. Perlu diingat bahwa fotografi disebut dengan melukis dengan cahaya dan memiliki 3 pilar utama, Aperture, ISO, dan Shutter Speed. Oleh karena itu, maka berbicara tentang fotografi maka mau sebagian besar adalah tentang mengatur cahaya.

Apa itu ISO?
ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Dalam sebuah kamera, ukuran ISO ditandai dengan angka yang selalu berlipat dua, 100, 200, 400, 800, 1600,…

Tukang Becak : Foto Tetapi Bukan Foto #3

Image
Judul      :     Tukang Becak
Lokasi    :     Jalan Tentara Pelajar Bogor

Bukan foto beneram walau aslinya berupa sebuah foto dari kamera Finepix HS35EXR. Proses editting berat dengan pemakaian backlight, memperdalam warna dan merubahnya menjadi hitam putih.

Pemakaian hitam putih menyesuaikan dengan tema becak sebagai sebuah kendaraan tradisional, yang sudah mendekati kepunahan di Bogor pelru diimbangi dengan nuansa kuno atau masa lalu. Walau sayangnya ada sepeda motor berada disisinya yang mengganggu sehingga temanya tidak bisa 100% masa lalu.

Wajah : Foto Tetapi Bukan Foto #2

Image
Wajah. Modelnya seorang penjual topeng pada Cap Go Meh , Feb 2016 yang lalu.

Foto ini sudah mengalami proses cropping (10%) dan juga penambahan backlight. Warnanya pun sudah berubah dibandingkan dengan foto aslinya.

PAgi Hari ; Foto tetapi bukan foto

Image
Judul foto di atas pagi hari. Sebenarnya tidak tepat benar kalau saya mengatakannya sebagai "foto". Memang asalnya berasal dari sebuah foto hasil jepretan kamera Fuji Finepix HS 35EXR, tetapi foto di atas sudah mengalami editting "berat".

Benar-benar berat dalam artian banyak sekali langkah yang dilakukan untuk menghasilkannya.

Software yang dipergunakan tetap Photoscape. Bukan bajakan karena memang gratis bagi siapapun.

Hasilnya memang lebih mendekati HDR (High Definition Range) foto dan kurang natural. Meskipun demikian, bagi saya cukup enak dilihat.

Lokasi : Jalan Ahmad Yani, Bogor dekat Taman Air Mancur.

Mengenal EXIF Data Sebuah Foto

Image
EXIF data atau seringnya disebut dengan EXIF saja merupakan singkatan dari Exchangeable Image File Format.

Istilah ini sudah lazim diketahui dalam dunia fotografi atau bidang-bidang lain yang berkaitan dengan pemakaian image atau foto. Meskipun demikian, EXIF masih merupakan istilah yang asing bagi banyak orang.

EXIF pada dasarnya merupakan data pribadi sebuah foto. Tidak beda dengan KTP yang dimiliki seorang warga negara yang berisikan data-data pribadi pemegang kartu, begitulah kira-kira fungsi EXIF sebuah foto. Di dalam "kartu" EXIF sebuah foto , terdapat data-data terkait foto tersebut.

Isinya berisi berbagai macam informasi, mulai dari jenis kamera yang dipergunakan, kepekaan sensor/ISO, focal length, apakah menggunakan flash atau tidak, dan masih banyak data lainnya. Data-data ini terekam bersamaan dengan ketika seorang menekan tombol shutter release dalam sebuah kamera digital.

Sebagai contoh foto di bawah ini :


Foto di atas diambil dari kamera Fuji Finepix HS35EXR de…