Posts

Showing posts from October 2, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Aslinya Tidak Sebagus Foto : Kasus Belanja Online

Image
Pernah berbelanja via internet? Pasti lah sudah pernah. Kalau belum justru mengherankan di zaman seperti sekarang ini apa sih yang tidak bisa dijual secara daring (online). Mulai dari pakaian dalam hingga tanaman sudah diperjualbelikan melalui internet.

Praktis. Mudah. Tidak perlu capek pergi ke tempat jual beli. Cukup duduk di depan komputer dan kemudian memilih barang yang hendak dibeli dari foto yang dipajang. Klik beberapa tombol. Beres dan tinggal tunggu barangnya sampai di rumah.

Sayangnya, begitu barang diterima, terkadang ada timbul rasa kecewa di hati. "Aslinya tidak sebagus foto yang dipajang di situs", begitu kata hati pembeli saat memandang, entah baju atau sepatu yang baru diterimanya.

Tertipu?

Jangan dulu.

Tidak perlu langsung berprasangka buruk terhadap si penjual. Walaupun memang cukup banyak orang yang memanfaatkan situs jual beli secara daring untuk berbuat curang, tetapi tidak semua penjual melakukannya.

Banyak pedagang online adalah orang-orang jujur juga…

Mengenal Aperture atau Diafragma pada Kamera

Image
Apa itu Aperture? Ap fungsi aperture dan apa kaitannya untuk menghasilkan sebuah foto? Mengapa kita harus memahami aperture?

Yap. Saya dulu juga pernah bertanya tentang hal yang satu ini. Butuh waktu juga untuk memahaminya dan lebih banyak lagi waktu yang dibutuhkan untuk mempergunakannya.

Teori mengenai aperture atau kerap juga disebut dengan diafragma, yang manapun penggemar fotografi pasti akrab dengan istilah ini, sebenarnya merujuk pada salah satu bagian kamera. Adanya di bagian muka tepat di depan lensa.

Seperti apa bagian kamera itu, yang sering juga disebut dengan "bukaan rana" bisa dilihat di foto atas. Terdapat beberapa bilah seperti tirai di depan lensa.

Teorinya, ketika kita menekan tombol shutter saat hendak mengambil foto, bilah-bilah itu akan "membuka" dan membentuk sebuah "lubang" untuk jalan masuk cahaya. Cahaya yang masuk yang melalui lubang inilah yang kemudian diproses oleh sensor untuk menjadi sebuah foto.

Besar lubang yang terbentuk…

Mengenal 5 Jenis Kamera Yang Umum Dipergunakan Saat Ini

Image
Perkembangan dunia fotografi terkadang bisa sangat memusingkan bagi orang awam. Banyak sekali istilah yang semuanya terkesan canggih dan menjanjikan.

Salah satu istilah yang paling membingungkan adalah tentang kategori kamera. Paling tidak ada 5 jenis kamera yang beredar yang beredar di pasaran dewasa ini.

Ada yang namanya kamera saku, Prosumer, DSLR, Mirrorless, dan ini belum termasuk kamera smartphome.

Bagi mereka yang sudah bergelut di dunia fotografi, meskipun sebagai pemula, mungkin istilah-istilah ini sudah tidak asing lagi. Sudah pasti tidak terlalu sulit membedakannya. Tetapi, bagi orang awam, tentunya akan sangat sulit untuk membedakan apa dan bagaimana bentuknya.

Tulisan kecil ini mungkin bisa membantu Anda memahami sedikit apa perbedaaan dari setiap kategori kamera yang saat ini ada di pasaran.

5 Jenis Kamera Pembagian kategori kamera ini tidak didasarkan pada target pemakainya tetapi lebih kepada spesifikasi tehnis, fitur  dan bentuk fisik yang ditawarkan oleh para produsen…