Posts

Showing posts from October 16, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Tips #9 : Jeli dalam menemukan obyek menarik

Image
Sebagai seorang penggemar fotografi jalanan, saya menyadari bahwa untuk menghasilkan foto yang menarik, tidak bisa hanya bersandar pada kemampuan tehnis. Bahkan terkadang, tehnik dan teori seperti tidak berlaku ketika berada di jalanan.

Justru yang lebih berperan dalam hal ini adalah kejelian mata yang menjadi kunci. Baru setelah itu, sedikit kreatifitas dan pengetahuan tehnis akan membantu.

Alasannya karena dengan mata yang jeli, maka seorang fotografer jalanan akan bisa men-scan situasi sekitar kemudian menemukan obyek menarik, atau setidaknya yang dianggapnya berpotensi.

Sebagai contoh foto kuntilanak di atas adalah hasil dari berkeliaran di Car Free Day ala Bogor, di Jalan Sudirman. Di tengah kerumunan terlihat beberapa sosok putih dengan penampilan di "luar" kebiasaan. Penampilannya sangat mennyolok mata begitu juga dengan sikap dan postur tubuh mereka.

Bukan sebuah obyek "luar biasa", tetapi ternyata tanpa perlu menerapkan terlalu banyak teori fotografi, has…