Posts

Showing posts from October 23, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Fotografi itu Dinamis dan Tidak Statis

Image
Banyak kaum puritan dalam dunia fotografi memandang bahwa penggunaan perangkat lunak pengubah citra (photo editting software) merupakan sebuah bentuk kecurangan. Mereka berpandangan bahwa yang namanya fotografi itu seharusnya harus dilakukan antara seorang manusia, sang fotografer dengan kameranya saja. Penggunaan perangkat lain selain itu tidak seharusnya dilakukan.

Perbuatan melakukan perubahan pada sebuah foto di luar kamera adalah sesuatu yang dianggap sama dengan pekerjaan mencontek pada saat ujian.

Tetapi, bila diteliti kembali kalau hal itu dilakukan maka berarti mayoritas fotografer, penggemar fotografi atau apalah namanya di masa kini melakukan semua "kecurangan" tersebut.

Bagaimana tidak? Sebuah kamera digital jelas sudah berbeda jauh dengan berbagai bentuk kamera yang diciptakan. Terutama bila dibandingkan dengan kamera obscura , nenek moyangnya kamera beberapa abad lalu.

Dalam sebuah kamera digital dewasa ini di dalamnya terdapat berbagai perangkat yang tidak be…

Fotografi Human Interest, Apa sih maksudnya?

Image
Terus terang. Ngaku deh. Menerangkan sebuah istilah dalam fotografi itu terkadang menyulitkan karena tidak adanya batasan yang jelas. Perlu waktu cukup lama untuk memahami makna dan juga perbedaaan antara satu kategori dengan kategori lainnya.

Salah satu yang paling sulit untuk dijelaskan adalah tentang apa itu Fotografi Human Interest.

Mengapa sulit? Karena fotografi adalah tentang merekam berbagai momen dalam kehidupan. Jadi, mau tidak mau unsur manusia sulit untuk dilepaskan dalam berbagai kategori fotografi, kecuali tentunya mereka yang bergelut dalam fotografi satwa.

Jadi, tidak heran kalau batasan dan definisi yang jelas tentang apa itu Fotografi Human Interest sendiri sering tercampur aduk dengan berbagai kategori lainnya yang menitikberatkan pada manusia sebagai obyeknya, seperti fotografi jalanan (street photography), fotografi budaya (culture photography), fotografi potret (portrait photography), dan sebagainya.

Apa itu Fotografi Human Interest?
Fotografi human interest, kal…

Hidup Itu Berat Kawan

Image
Memang banyak orang mengatakan bahwa hidup itu harus dinikmati. Tetapi, kenyataannya tidak semua orang bisa melakukan itu.

Banyak dari mereka yang harus berjuang untuk mempertahankan hidup.

Bagi mereka, jangankan berpikir untuk menikmati, dapat bertahan hidup saja sudah bersyukur.

(Suatu pagi di depan Botani Square - Bogor)