Posts

Showing posts from November 13, 2016

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Menggunakan Mode Auto, Bukan Sebuah Masalah!

Image
Fitur Mode Auto merupakan fitur standar yang ada dalam setiap kamera. Kamera saku, Prosumer, DSLR, atau Mirrorless akan selalu diperlengkapi dengan fitur ini.

Fitur ini disediakan untuk memberikan kemudahan penggunanya yang tidak mau terlalu repot memikirkan tentang bagaimana memadukan ISO, Aperture, atau Shutter Speed.

Dengan fitur ini, memang seorang pemotret berarti menyerahkan pengaturannya pada si kamera itu sendiri, aloas memakai setting standar yang disediakan oleh pihak pabrikan.

Praktis dan tidak pusing.

Meskipun demikian, sebagian masyarakat dunia fotografi menganggap menggunakan mode auto sebagai sebuah "kelemahan" tersendiri. Banyak dari mereka yang berpandangan bahwa meletakkan semua tanggung jawab mengatur setting pada kamera menunjukkan bahwa sang pemegang kamera tidak memiliki skill fotografi yang mumpuni.

Apalagi, kalau definisi fotografi sebagai "Melukis Dengan Cahaya" dipakai. Penggunaan mode auto dianggap kurang memberikan aspek "melukis&q…