Bisakah Anda Menghasilkan Foto Seperti Ini Dengan Kamera Depan Smartphone? - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Friday, September 15, 2017

Bisakah Anda Menghasilkan Foto Seperti Ini Dengan Kamera Depan Smartphone?


Pertanyaan : Bisakah Anda menghasilkan foto seperti ini (foto di atas) dengan kamera depan smartphone?

Kemungkinan besar tidak. Sembilan puluh sembilan persen jawabannya adalah TIDAK. Satu persen harus selalu disediakan karena "keberuntungan" dan "kebetulan" dan yang pasti Kuasa Dari Yang Maha Esa harus selalu mendapatkan tempat dalam perhitungan.

Tetapi, secara perhitungan, seseorang tidak akan bisa menghasilkan foto seperti di atas dengan mengandalkan kamera depan smartphone. O ya foto di atas dibuat dengan smartphone lawas Asus T00N saja, tentunya dengan kamera belakang.

Mengapa tidak bisa?

1. Karena yang memotret harus menjaga agar garis horison tetap lurus untuk menghasilkan foto lanskap yang bagus

2. Yang memotret juga harus tahu menempatkan posisi obyek agar sesuai dengan Rule of Thirds

3. Kalau memakai kamera depan, biasanya yang memotret sedang melakukan selfie. Kalau sudah melakukan selfie, otomatis perhatiannya tidak akan tertuju pada yang lain selain dirinya sendiri.

Alasan nomor 1 dan 2 mungkin bisa dibantah dengan berbagai excuse atau alasan. Tetapi, yang nomor 3 tidak bisa.

Fungsi kamera depan memang diciptakan agar mereka yang gemar memotret diri sendiri bisa melakukannya dengan mudah. Fungsinya memang diciptakan untuk mengembangkan bakat narsis dalam diri setiap orang.

Jadi, tentu saja kamera depan tidak akan bisa menghasilkan foto seperti di atas, seberapapun besar megapixel-nya karena pada saat dipakai, disitu terkandung niat yang berbeda.  Pada saat kamera depan smartphone dipergunakan, yang ada adalah niat untuk memamerkan diri sendiri dan bukan memamerkan ide, pemikiran, atau hal lain.

Yang memotret hanya ingin orang memotret fisik dirinya saja dan bukan apa yang ada di pikirannya.

Jadi, jangan harap ada foto seperti di atas dihasilkan oleh mereka yang terlalu sibuk memamerkan dirinya sendiri. Foto di atas dihasilkan oleh mereka yang mau meluangkan waktu untuk bercerita selain dirinya sendiri.

Tabik!



EmoticonEmoticon