Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

[Foto] Bermain di Pantai : Apakah Foto ini Termasuk Fotografi Jalanan?


Entahlah apakah sebuah foto di pantai termasuk dalam fotografi jalanan atau bukan. Jika mengikuti definisi asal genre fotografi cetusan Henri Cartier Bresson bahwa fotografi jalanan adalah tentang memotret di ruang publik, seharusnya foto yang diambil di pantai termasuk dalam genre ini.

Tetapi, para landscaper tentunya berargumen bahwa mayoritas foto di pantai kebanyakan adalah keindahan pemandangan alam, dan tidak menekankan pada manusia atau obyeknya. Jadi, seharusnya masuk dalam wilayah genre mereka.

Penganut genre human interest bisa juga mengklaim bahwa foto di pantai masuk dalam kategori genre mereka. Apalagi kalau obyeknya difokus dengan close up dan mempertontonkan emosi di dalamnya. Iya kan?

Pada akhirnya saya tidak peduli termasuk dalam genre apakah foto di pantai seperti yang di atas. Yang paling penting adalah saya menyukai memotret di pantai dan mengabadikan kegembiraan keluarga, teman, sahabat, bahkan orang tidak dikenal saat berada disana.

Rasanya hal itu lebih baik dan menarik daripada sekedar membahas teori-teori genre. Biarkan sajalah mereka para pemikir yang berdebat panjang lebar. Tidak ada manfaatnya berdebat tentang itu selain memuaskan ego saja.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?