Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Perhatikan Pakaian atau Busana Yang Dipakai Model Untuk Foto Bertema Cinta

Mungkin hanya perasaan atau opini saja. Tetapi, kalau melihat kebiasaan para fotografer yang bergelut di dunia pra-wedding dan wedding, hal itu tidak salah.

Pernahkah Anda melihat pasangan (calon) pengantin yang mengenakan gaun kotak-kotak? Jarang sekali kan?

Bukan tanpa alasan sebenarnya karena corak pakaian atau busana yang dipakai model foto bertema cinta-cinta-an memberikan pengaruh pada hasil fotonya. Untuk itulah mengapa kebanyakan pengantin akan mengenakan busana berwarna polos, alias satu warna saja.


Gaun atau pakaian berwarna tunggal akan membuat mudah bagi yang melihat menemukan fokus utamanya. Juga, warna polos membuat obyek lebih menonjol bahkan ketika sekitarnya penuh warna.

Cobalah bandingkan dengan pakaian bercorak, dan warna-warni pula. Komposisi warnanya menjadi terlalu banyak warna dan saling berebut perhatian. Ujungnya, model fotonya sendiri menjadi kurang menonjol dibandingkan bahkan latar belakangnya. Padahal, ketika memotret obyek itulah yang seharusnya menjadi bagian yang paling menonjol dan mendapat sorotan utama.

Oleh karena itu, sebaiknya, kalau memang bertujuan untuk komersial, seorang fotografer harus mampu berdiskusi dengan obyeknya. Ia harus mampu mengarahkan tentang busana apa yang baik atau tidak dipergunakan untuk foto yang akan mengabadikan cinta mereka.

Toh, itu dilakukan untuk kebaikan mereka sendiri.

Bagaimana kalau mereka menolak? Yah, mau bagaimana lagi, tetapi setidaknya mereka harus juga memahami bahwa busana/pakaian berpengaruh cukup besar dalam sebuah foto.


Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?