Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Thursday, December 28, 2017

Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto

Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto

Salah satu kebiasaan saya setiap tahun adalah hadir pada acara Festival Cap Go Meh Bogor, atau CGM Bogor Street Festival. Bukan karena saya merayakannya, tetapi karena acara tersebut menyediakan banyak hal bagi penggemar fotografi jalanan seperti saya ini.

Festival dan parade seperti dalam even seperti ini merupakan sebuah tempat yang sangat cocok untuk hunting foto karena :

1. Tidak terhitung banyaknya obyek


Dengan ribuan, bahkan puluhan ribu orang, baik peserta maupun penonton, maka dengan serta merta tersedia pula ribuan obyek yang menjadi sasaran kamera.

Akan terjadi banyak sekali interaksi antar manusia yang layak untuk direkam dalam bidang foto.

2. Banyak Keunikan


Otomatis dalam sebuah parade, setiap pesertanya akan mencoba tampil seunik mungkin. Mereka akan berusaha menjadi berbeda agar bisa tampil lebih menonjol dibandingkan peserta lainnya. Kodratnya manusia.

Yang beruntung adalah para fotografer. Mereka tidak perlu berpikir terlalu berat karena keunikan tersebut sudah tersedia di depan mata. Yang perlu dilakukan hanyalah mencari sudut pemotretan yang pas saja supaya hasilnya pun enak dilihat.

3. Banyak Warna

Ciri sebuah parade, apapun itu, adalah banyak warna. Semua yang terlibat biasanya akan menggunakan kostum dengan warna-warna yang mencolok karena memang tujuannya untuk menarik perhatian.

Kondisi ini memudahkan para pemotret karena mereka tidak perlu terlalu ruwet memikirkan soal komposisi warna. Semua sudah tersedia.

4. Banyak Teman

Yang berpandangan festival adalah tempat yang baik untuk hunting foto tidak sedikit. Banyak fotografer juga gemar hadir dengan tujuan dan alasan yang sama.

Mereka juga berkeliaran kesana kemari memburu obyek yang mereka inginkan.

Situasi dimana sangat mudah membuat "teman". Bisa saja bermula dari sekedar mengatakan "hai" kepada seseorang yang terlihat memegang kamera dan bisa berlanjut menjadi sebuah acara hunting foto bersama yang tidak direncanakan.

Itulah mengapa saya rela mengambil cuti untuk menghadiri festival Cap Go Meh Bogor setiap tahunnya. Banyak hal menyenangkan yang ada disana.


EmoticonEmoticon