Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto

Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto

Salah satu kebiasaan saya setiap tahun adalah hadir pada acara Festival Cap Go Meh Bogor, atau CGM Bogor Street Festival. Bukan karena saya merayakannya, tetapi karena acara tersebut menyediakan banyak hal bagi penggemar fotografi jalanan seperti saya ini.

Festival dan parade seperti dalam even seperti ini merupakan sebuah tempat yang sangat cocok untuk hunting foto karena :

1. Tidak terhitung banyaknya obyek


Dengan ribuan, bahkan puluhan ribu orang, baik peserta maupun penonton, maka dengan serta merta tersedia pula ribuan obyek yang menjadi sasaran kamera.

Akan terjadi banyak sekali interaksi antar manusia yang layak untuk direkam dalam bidang foto.

2. Banyak Keunikan


Otomatis dalam sebuah parade, setiap pesertanya akan mencoba tampil seunik mungkin. Mereka akan berusaha menjadi berbeda agar bisa tampil lebih menonjol dibandingkan peserta lainnya. Kodratnya manusia.

Yang beruntung adalah para fotografer. Mereka tidak perlu berpikir terlalu berat karena keunikan tersebut sudah tersedia di depan mata. Yang perlu dilakukan hanyalah mencari sudut pemotretan yang pas saja supaya hasilnya pun enak dilihat.

3. Banyak Warna

Ciri sebuah parade, apapun itu, adalah banyak warna. Semua yang terlibat biasanya akan menggunakan kostum dengan warna-warna yang mencolok karena memang tujuannya untuk menarik perhatian.

Kondisi ini memudahkan para pemotret karena mereka tidak perlu terlalu ruwet memikirkan soal komposisi warna. Semua sudah tersedia.

4. Banyak Teman

Yang berpandangan festival adalah tempat yang baik untuk hunting foto tidak sedikit. Banyak fotografer juga gemar hadir dengan tujuan dan alasan yang sama.

Mereka juga berkeliaran kesana kemari memburu obyek yang mereka inginkan.

Situasi dimana sangat mudah membuat "teman". Bisa saja bermula dari sekedar mengatakan "hai" kepada seseorang yang terlihat memegang kamera dan bisa berlanjut menjadi sebuah acara hunting foto bersama yang tidak direncanakan.

Itulah mengapa saya rela mengambil cuti untuk menghadiri festival Cap Go Meh Bogor setiap tahunnya. Banyak hal menyenangkan yang ada disana.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?