Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Obyek Foto Yang Indah Itu Ada Dimana-Mana

Obyek Foto Yang Indah Itu Ada Dimana-Mana

Beberapa hari yang lalu, ada sebuah pertanyaan di komunitas dunia maya yang saya ikuti bertanya, "Spot foto yang indah di Bogor dimana yah?".

Tersenyumlah saya.

Yah, mau tidak mau tersungging senyuman di bibir saya membacanya. Pertanyaan itu adalah pertanyaan umum yang kerap diajukan banyak orang. Pertanyaan yang saya pernah ada di kepala saya pada awal permulaan menekuni dunia fotografi.

Pertanyaan umum, tetapi tidak tepat sebenarnya. Pertanyaan itu hadir dari sudut pandang yang salah tentang bagaimana cara membuat foto yang bagus dan enak dilihat.

Banyak orang berpikir bahwa membuat foto yang indah hanya bisa dilakukan kalau obyeknya indah saja. Oleh karena itu, mereka berpikir bahwa mereka harus menemukan spot-spot yang indah, seperti tempat wisata, pemandangan, atau hal-hal seperti itu. Tidak jarang ada yang bersedia mengorbankan uang untuk menuju sebuah lokasi yang dianggap bisa membantunya menghasilkan foto yang indah.

Mereka berburu obyek foto yang "indah" demi menghasilkan foto yang "indah".

Padahal, fotografi tidak lah seperti itu.

Obyek foto yang indah memang akan bisa membantu, tetapi tidak selamanya akan berujung bagus dan baik ketika sudah menjadi foto. Banyak yang sudah pergi ke tempat-tempat wisata mahal tetapi tetap saja tidak berhasil membuat foto yang enak dilihat. Tetap saja mereka gagal menampilkan keindahan dalam foto-fotonya.

Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti intinya.

Fotografi, seperti juga banyak hal lainnya, ditentukan oleh manusianya. Kalau manusianya memiliki skill, kemampuan, kreatifitas, maka sesuatu yang sederhana sekalipun akan bisa dirubah menjadi sesuatu yang luar biasa.

Sudah banyak sekali bukti dalam dunia fotograif bahwa sebuah obyek sederhana dan bisa ditemukan dimanapun, ketika menjadi foto bisa mengundang decak kagum dari yang melihat.

Hal itu karena yang memotret tahu cara menempatkan obyek, kemudian paham bagaimana harus menampilkan obyeknya, memiliki kemampuan menampilkan emosi dari obyeknya, dan sebagainya.

Obyek apapun kalau yang memotretnya tahu cara mengolahnya akan bisa menjadi sebuah foto yang enak dilihat. Obyek sebagus apapun kalau pemegang kameranya tidak paham teknik dan caranya, ya tidak akan menjadi foto yang bagus.

Manusianya yang menentukan, bukan alat, bukan tempatnya.

Dan, ketika manusianya yang menjadi unsur penentu, maka segala sesuatu bisa dijadikan obyek foto potensial. Tidak perlu repot bertanya kesana kesini spot foto yang indah, karena apapun bisa dirubah menjadi indah kalau sudah begini.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?