Posts

Showing posts from September 10, 2017

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Yang Orang LIhat Dari Sebuah Foto Bukanlah Kenyataan Melainkan Perwujudan Ide Yang Ada di Kepala Sang Fotografer

Image
Berbeda dengan pandangan banyak orang, yang berpandangan bahwa sebuah foto adalah perwakilan dari apa yang terjadi di dunia nyata, secara filosofis tidak demikian.

Sebuah foto hanyalah sebuah fragmen atau bagian kecil dari apa yang benar-benar terjadi di alam nyata. Benda ini hanya merupakan rekaman sesaat dari jutaan dan milyaran "saat" yang hadir di depan sang fotografer. Juga, foto hanyalah sebuah pandangan dari salah satu dari jutaan sudut pandang yang bisa dipilih oleh pemotretnya.

Hal itu masih ditambah dengan sesuatu yang merupakan inti dari sebuah foto, yaitu IDE. Di dalam benak seorang fotografer, sebelum ia menekan tombol shutter akan hadir sebuah kilasan tentang apa yang ingin dia sampaikan kepada mereka yang akan melihat fotonya.

Pesan apa yang ingin disampaikannya. Ide apa yang ia ingin orang lain tahu.

Sang fotografer kemudian memilih dari sekian banyak obyek, jutaan sudut pandang, dan satu saat dari tak terhingga "saat" yang ada yang dianggapnya mew…

[Foto] Menjemur Pakaian di Jembatan Gantung

Image
Entah. Tidak terbayang sebelumnya bahwa sebuah jembatan gantung dipergunakan sebagai tiang jemuran. Tetapi, rupanya, di salah satu sudut kota hujan, Bogor, ada sebagian masyarakat yang rupanya secara rutin memakai batang-batang besi sebuah jembatan gantung untuk mengeringkan baju, celana, hingga pakaian dalam.

Bukan masalah benar atau salah. Bukan pula masalah sesuai aturan atau tidak. Kamera tidak dibuat untuk menjabarkan atau menjatuhkan vonis terkait hal itu.

Kamera hanyalah alat untuk merekam. Dan, saya pemegang kameranya memutuskan untuk menceritakan kepada dunia bahwa ada sebuah kebiasaan, di salah satu sudut bagian dunia ini, dimana jembatan gantung ternyata dapat memiliki fungsi dan manfaat lain selain untuk orang menyeberang.

Fungsinya adalah sebagai tempat atau tiang jemuran.

Itu saja. Kalau mau diinterpretasikan lain pun, ya monggo.

Foto Lampu Ini Menunjukkan Saya Kecanduan Memotret

Image
Nama blog ini adalah Maniak Potret. Nama itu diambil bukan tanpa dasar. Maniak adalah kata yang merujuk seseorang yang sangat menyukai bahkan dalam level yang berlebihan. Lebih dekat ke kata tergila-gila.

Dan memang benar begitu adanya.

Sejak mengenal dunia fotografi, saya memang seperti kecanduan memotret. Hal itu dilakukan bukan hanya saat Canon 700D ada di tangan, bahkan ketika hanya ada ASUS T00N (smartphone) pun, saya tidak bisa berhenti memotret.

Apapun yang saya anggap menarik.

Foto lampu ini memang hasil karya seorang yang tidak bisa lepas dari hal memotret itu tadi. Di kala teman-teman sedang ngobrol dan makan, perhatian dan tangan saya justru sibuk mencari sudut untuk memotret dan mencoba menghasilkan sebuah foto yang bagus dari lampu penerangan di restoran Bumi Aki Bogor ini.

Hasilnya? Yah.. tidak akan mengundang wow, tetapi bukan itu yang dicari. Ada rasa gembira tersendiri saat melakukannya. Dan itulah yang saya inginkan.

Tapi juga tidak dilarang kalau ada yang mau berko…

Bisakah Anda Menghasilkan Foto Seperti Ini Dengan Kamera Depan Smartphone?

Image
Pertanyaan : Bisakah Anda menghasilkan foto seperti ini (foto di atas) dengan kamera depan smartphone?

Kemungkinan besar tidak. Sembilan puluh sembilan persen jawabannya adalah TIDAK. Satu persen harus selalu disediakan karena "keberuntungan" dan "kebetulan" dan yang pasti Kuasa Dari Yang Maha Esa harus selalu mendapatkan tempat dalam perhitungan.

Tetapi, secara perhitungan, seseorang tidak akan bisa menghasilkan foto seperti di atas dengan mengandalkan kamera depan smartphone. O ya foto di atas dibuat dengan smartphone lawas Asus T00N saja, tentunya dengan kamera belakang.

Mengapa tidak bisa?

1. Karena yang memotret harus menjaga agar garis horison tetap lurus untuk menghasilkan foto lanskap yang bagus

2. Yang memotret juga harus tahu menempatkan posisi obyek agar sesuai dengan Rule of Thirds

3. Kalau memakai kamera depan, biasanya yang memotret sedang melakukan selfie. Kalau sudah melakukan selfie, otomatis perhatiannya tidak akan tertuju pada yang lain selain d…