Posts

Showing posts from November 12, 2017

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Memotret Di Kala Senja Itu Memang Menyenangkan

Image
Ada alasan mengapa senja hari, sekitar pukul 16.00 -18.00 dimasukkan dalam kategori Golden Hours atau Waktu Emas dalam fotografi.

Bukan karena pada saat itu banyak emas batangan yang bisa ditemukan, tetapi karena suasananya akan sangat mendukung bagi seorang fotografer untuk menghasilkan foto yang bagus dan enak dilihat.

Senja hari akan menyediakan :

1. Sinar matahari yang kunig keemasan menjelang terbenamnya
2. Sinar matahari tidak mulai "melemah", tidak lagi terlalu kuat memancar dan mempengaruhi warna
3. Datangnya kegelapan menambahkan suasana romantis dan misteri ke dalam foto
4. Hawa juga tidak terlalu panas sehingga fotografer juga tidak kepanasan dan bisa berkonsentrasi penuh pada memotret daripada menghindar dari sengaran matahari

Apalagi jika memotretnya di pantai, seperti Pantai Nusa Dua Bali yang terkenal dengan keindahannya. Hasilnya, setidaknya bisa membuat puas hati si pemotretnya, dan setidaknya mendapatkan jempol kalau hasilnya dishare di media sosial.

Coba …

[JANGAN HERAN] Setiap Foto Bisa Dinilai Baik dan Buruk Pada Saat Bersamaan

Image
Jangan heran. Bahkan, kalimat yang tepat adalah jangan pernah merasa heran tentang hal yang satu ini. Semua foto, setiap foto akan selalu bisa dinilai baik dan buruk pada saat yang bersamaan.

Hal itu cenderung selalu terjadi dan berlaku bagi setiap karya foto yang dihasilkan fotografer manapun. Tidak ada kecuali.

Fotografi, karena sifatnya yang lebih mendekati seni, akan selalu berkaitan dengan yang namanya "selera". Masalahnya, selera setiap orang akan berbeda satu dengan yang lain.

Seorang penggemar fotografer dengan "selera" terhadap keindahan alam, tentunya akan sulit mengerti dan menemukan keindahan dari karya-karya yang dihasilkan para penggemar fotografer jalanan. Begitu juga sebaliknya.


Hal itu akan berpengaruh terhadap penilaian seseorang terhadap hasil karya foto yang manapun. Tidak terkecuali foto-foto hasil jepretan fotografer terkenal. Masih tetap ada kemungkinan karya-karya mereka mendapat kritik atau cercaan dari siapapun.

Tentu saja, seorang fotogr…