Posts

Showing posts from December 24, 2017

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Jangan Ragu Untuk Memamerkan Foto Hasil Karyamu

Image
Pamer, kata orangtua zaman dulu adalah salah satu bentuk ketidakbaikan, kesombongan. Oleh karena itu, mereka selalu mengajarkan anak-anaknya untuk rendah hati dan tidak suka pamer.

Sayangnya, zaman sudah berubah. Bukan berarti inti dari pepatah "semakin berilmu semakin merunduk" atau ilmu padi tidak berlaku lagi. Tetap saja, banyak orang akan memandang pamer sebagai sebuah bentuk kesombongan.

Tetapi, dalam beberapa hal pamer itu perlu, untuk melengkapi proses pembelajaran.

Salah satunya dalam dunia fotografi. Pamer bisa dikata adalah sebuah bentuk keharusan yang harus mau dilakoni para fotografer.

Suka atau tidak suka. Jika seorang fotografer ingin berkembang dan maju lebih jauh dari pencapaian saat ini, ia harus mau membuka diri dan bersiap dipandang sebagai orang sok pamer.

Mengapa?

Karena dengan memamerkan foto maka berarti kita akan mengundang reaksi dan komentar dari yang melihat. Tidak akan semua feedback akan berisi pujian atau "LIKE", tetapi pasti diantara…

Menghadiri Sebuah Festival dan Parade Untuk Hunting Foto

Image
Salah satu kebiasaan saya setiap tahun adalah hadir pada acara Festival Cap Go Meh Bogor, atau CGM Bogor Street Festival. Bukan karena saya merayakannya, tetapi karena acara tersebut menyediakan banyak hal bagi penggemar fotografi jalanan seperti saya ini.

Festival dan parade seperti dalam even seperti ini merupakan sebuah tempat yang sangat cocok untuk hunting foto karena :

1. Tidak terhitung banyaknya obyek
Dengan ribuan, bahkan puluhan ribu orang, baik peserta maupun penonton, maka dengan serta merta tersedia pula ribuan obyek yang menjadi sasaran kamera.

Akan terjadi banyak sekali interaksi antar manusia yang layak untuk direkam dalam bidang foto.

2. Banyak Keunikan
Otomatis dalam sebuah parade, setiap pesertanya akan mencoba tampil seunik mungkin. Mereka akan berusaha menjadi berbeda agar bisa tampil lebih menonjol dibandingkan peserta lainnya. Kodratnya manusia.

Yang beruntung adalah para fotografer. Mereka tidak perlu berpikir terlalu berat karena keunikan tersebut sudah terse…

Pangsa Pasar Fotografer Profesional Semakin Berkurang

Image
Banyak fotografer profesional yang mengandalkan hidupnya dari memotret dengan bayaran mengeluhkan akan semakin berkurangnya order untuk jasa mereka. Semakin hari semakin sedikit saja orang yang mau membutuhkan jasa dan kemampuan mereka dalam menggunakan kamera.

Tidak mengherankan.

Perkembangan teknologi lah yang menyebabkan hal itu.

Di masa lalu, untuk bisa memotret maka orang harus membeli peralatan terpisah, kamera yang harganya tidak murah. Belum lagi di zaman analog, butuh biaya lebih untuk membeli film dan kemudian biaya memprosesnya yang sama tidak murahnya.

Hal itu berubah ketika kamera digital lahir dan kemudian diikuti lahirnya smartphone yang selalu diperlengkapi dengan kamera.

Dalam hal ini, kamera menjadi sesuatu yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Semua orang bisa mempunyai kamera bahkan meski niatnya sama sekali tidak ingin membelinya.

Hal itu kemudian ditambahkan dengan kehadiran internet dengan jutaan blognya. Di masa lalu, untuk menguasai cara memotret den…

Cahaya Diperlukan Tetapi Bisa Menjadi Sesuatu Yang Menyulitkan

Image
Cahaya adalah sesuatu yang sangat diperlukan dalam dunia fotografi. Tanpa adanya cahaya, maka tidak akan ada yang namanya fotografi karena ingar saja definisi fotografi yaitu "melukis dengan menggunakan cahaya".

Betapa pentingnya cahaya, bisa terlihat pada berbagai kesulitan yang hadir saat memotret dalam lingkungan yang minim cahaya. Perlu tambahan berbagai peralatan lain, mulai dari yang sederhana seperti tripod hingga tambahan berbagai peralatan lighting atau pencahayaan.

Sebegitu pentingnya cahaya bagi kegiatan memotret.

Tetapi, kalau cahaya yang tersedia kebanyakan pun, tidak berarti semua menjadi mudah. Hal itu bisa saja menjadi sebuah masalah tersendiri. Dari sanalah istilah over-exposed atau kelebihan cahaya lahir. Hasilnya adalah foto yang terlalu terang dan menyilaukan.

Kesulitan lainnya adalah ketika ada obyek menarik tetapi saat ingin memotret sumber cahaya berada tepat di belakang obyeknya. Hal ini berarti kamera akan langsung berhadapan dengan sumber cahaya la…

Memanfaatkan Pantulan Di Cermin Untuk Menampilkan Subyek

Image
Membuat sebuah foto yang terkesan unik, seringkali tidak perlu berpikir rumit pula. Terkadang hanya perlu sedikit kejelian dalam mengamati sekeliling.

Sebagai contoh adalah dalam menampilkan subyek dalam sebuah foto.

Sebuah kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat memotret adalah berpikir bahwa mereka harus selalu memotret dari depan. Padahal, sebenarnya tidak. Hal itu bisa dilakukan dari berbagai sudut. Termasuk dari belakang sang subyek itu sendiri.

Sebuah cermin bisa dimanfaatkan untuk tetap bisa membuat foto memperlihatkan bagian muka dari subyeknya bahkan ketika yang memotret berada di belakang sang subyek.

Hal itu akan menimbulkan nuansa yang berbeda dari foto yang dihasilkan. Fotonya menjadi tidak biasa dan berkesan unik, walau sebenarnya sama.

Obyek Foto Yang Indah Itu Ada Dimana-Mana

Image
Beberapa hari yang lalu, ada sebuah pertanyaan di komunitas dunia maya yang saya ikuti bertanya, "Spot foto yang indah di Bogor dimana yah?".

Tersenyumlah saya.

Yah, mau tidak mau tersungging senyuman di bibir saya membacanya. Pertanyaan itu adalah pertanyaan umum yang kerap diajukan banyak orang. Pertanyaan yang saya pernah ada di kepala saya pada awal permulaan menekuni dunia fotografi.

Pertanyaan umum, tetapi tidak tepat sebenarnya. Pertanyaan itu hadir dari sudut pandang yang salah tentang bagaimana cara membuat foto yang bagus dan enak dilihat.

Banyak orang berpikir bahwa membuat foto yang indah hanya bisa dilakukan kalau obyeknya indah saja. Oleh karena itu, mereka berpikir bahwa mereka harus menemukan spot-spot yang indah, seperti tempat wisata, pemandangan, atau hal-hal seperti itu. Tidak jarang ada yang bersedia mengorbankan uang untuk menuju sebuah lokasi yang dianggap bisa membantunya menghasilkan foto yang indah.

Mereka berburu obyek foto yang "indah" …