Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Menemukan Keindahan Dalam Sebuah Obyek Adalah Tugas Seorang Fotografer

Menemukan Keindahan Dalam Sebuah Obyek Adalah Tugas Seorang Fotografer

Setiap obyek memiliki keindahan. Itu adalah konsep yang biasa dimiliki para fotografer handal karena mereka menyadari bahwa konsep dan rasa tentang keindahan sebenarnya ada dalam pikiran dan benak yang melihat dan bukan pada bendanya sendiri.

Untuk itulah seorang fotografer harus terus berusaha menggali dan menemukan sisi keindahan dari obyek apapun yang hendak dipotretnya.

Sebagai contoh, sebuah tutup lensa Canon di atas bukanlah sebuah benda yang indah, setidaknya begitu di mata orang awam. Tetapi, di tangan seorang fotografer, ia bisa ditampilkan sedemikian rupa sehingga kesannya menjadi menarik dan enak dilihat.

Tutup lensa biasa menjadi lebih enak dilihat dan "tidak biasa".

Oleh karena itulah, sebelum menekan tombol shutter, seorang fotografer haruslah mau berdiam sejenak dan merenung untuk menemukan "keindahan" apa yang ada dari obyek di hadapannya.

Kalau memang merasa tidak ada keindahan, ia harus berusaha untuk menggabungkannya dengan berbagai hal lain yang ada di sekitar sehingga sang tutup lensa menjadi "berbeda".  Bisa juga ia kemudian memainkan kemampuannya menyetting kamera dan membuat obyeknya menjadi menarik di mata orang lain.

Bukan sebuah hal yang mudah karena butuh ide, kreatifitas, dan juga pembiasaan untuk tidak melihat sesuatu apa adanya. Butuh ketekunan untuk bisa mengeluarkan "keindahan" tersebut.

Tetapi, itu memang menjadi kodrat dan tugas yang diemban para fotografer, yaitu menemukan keindahan tersembunyi dalam setiap obyek yang hendak dipotretnya. Keindahan yang tidak terlihat oleh orang lain.

Kemampuan yang membedakannya dari mereka yang bukan fotografer.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?