Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Berani Bereksperimen Membantu Kemajuan Seorang Fotografer

Cobalah Memotret Satu Obyek Dari Berbagai Sudut Pengambilan Gambar, Beranilah Bereksperimen

Entahlah apa kata orang, tetapi saya berpandangan bahwa kemajuan seorang fotografer terletak pada kemauannya untuk mencoba, bereksperimen, dan berpikir di luar kotak. Semakin ia berani dan sering melakukannya, maka kemampuan atau skillnya dalam mengambil sebuah foto, pasti akan terus membaik dan membaik.

Salah satu hal paling sederhana dalam hal mencoba dan bereksperimen adalah tentang sudut pengambilan gambar.

Banyak orang saat memotret akan selalu memakai sudut pengambilan yang itu itu juga. Padahal, belum tentu hasil yang didapat dari sudut yang sama sudah merupakan yang "terbaik" dari berbagai kemungkinan.

Kalau seorang fotografer mau berkorban, mau capek untuk berjalan kesana kemari dan mencoba menghasilkan yang berbeda, ia akan memiliki lebih banyak hasil yang kemudian bisa dipilih untuk menemukan mana yang terbaik. Hal itu tidak akan bisa dilakukan kalau hanya memiliki satu buah foto saja.

Cobalah Memotret Satu Obyek Dari Berbagai Sudut Pengambilan Gambar, Beranilah Bereksperimen

Hal itu juga berlaku dalam berbagai hal lain, seperti pengaturan setting kamera atau pemilihan lensa. Semakin sering seorang fotografer berani mencoba setting-setting baru dan tidak merasa harus selalu berhasil, ia akan belajar dalam menemukan setting kamera yang tepat untuk kondisi tertentu. Makin sering dilakukannya, semakin terlatih ia dalam menghadapi kondisi di lapangan.

Cobalah Memotret Satu Obyek Dari Berbagai Sudut Pengambilan Gambar, Beranilah Bereksperimen

Memang, untuk itu ia harus mau berkorban tenaga dan tentunya shutter count yang semakin meninggi, tetapi tentunya ada hasil yang didapat dalam bentuk pengetahuan. Bukankah kita pun harus membayar untuk mendapatkan ilmu di sekolah?

Cobalah Memotret Satu Obyek Dari Berbagai Sudut Pengambilan Gambar, Beranilah Bereksperimen

Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu, baik itu berupa sudut pengambilan foto, setting, atau pemakaian lensa. Hal itu tidak akan pernah sia-sia, meskipun mungkin hasil fotonya semua jelek sekalipun. Paling tidak, sebagai seorang fotografer, kita sudah belajar dan berlatih sesuatu yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari.

Bukankah itu juga inti dari kehidupan manusia yang terus menerus belajar?

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?