Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho

Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho
Stasiun Bogor 2017

Sebagai seorang penggemar fotografi jalanan, stasiun kereta api adalah salah satu tempat yang paling menjanjikan. Disana tersedia banyak obyek berupa orang lalu lalang, bentuk-bentuk simetris yang membentuk leading line, dan tentunya beberapa stasiun memiliki gaya arsitektur kuno yang sangat bagus dijadikan latar belakang.

Jadi, memotret di stasiun itu menyenangkan.

Sayangnya ada satu hal yang tidak menyenangkan. Pak Satpamnya itu lo..Nggak nahan.

Pak satpam, yang sekarang namanya PKD (Petugas Keamanan Dalam) sering memperlihatkan wajah curiga, terutama kalau kita membawa kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Pandangannya kerap membuat tidak nyaman. Tidak jarang pula dilanjutkan dengan pertanyaan apakah sudah ada izin atau belum untuk memotret di stasiun.

Sebelumnya bahkan memotret dengan kamera smartphone pun juga dilarang, tetapi perkembangan kemajuan teknologi pada akhirnya membuat aturan memotret dilonggarkan.

Cukup bisa dimengerti kalau meeka hanya melaksanakan tugas yang diberikan atasan. Atasannya juga hanya menjalankan perintah karena bagaimanapun tugas semuanya untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang kereta. Dan, fotografer yang mengambil foto seenaknya, bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang dan mungkin menghadirkan gangguan. Belum lagi kalau ada yang memotret demi keperluan komersial yang berarti masuk dalam wilayah bisnis.

Maklum, seribu kali maklum.

Hanya, sayang saja. Kehadiran fotografer sebenarnya bisa membantu memperkenalkan perkeretaapian Indonesia yang semakin hari semakin membaik dan bahkan menjadi sarana transportasi populer. Foto-foto yang dihasilkan bisa memberikan info pada masyarakat yang belum pernah mempergunakan jasa transportasi ini.

Meskipun demikian, mudah-mudahan ke depannya, pengelola kereta Indonesia bisa lebih luwes dalam hal ini. Bagaimanapun, perkembangan zaman membuat fotografi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Itulah mengapa ada rasa senang juga ketika tahun lalu ada lomba foto Kereta Commuter yang diadakan PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). Sebuah pertanda bahwa pihak kereta api Indonesia mulai merangkul dan setidaknya tidak alergi lagi terhadap yang namanya fotografi dan fotografer.

Agak repot juga untuk ikut serta karena juga harus meminta izin secara online. Itupun pada saat beraksi mengambil foto, pak PKD-nya tetap bertanya apakah sudah mendapat izin. Untungnya saat itu sudah melapor kepada kepala stasiun/PPKA, jadi bisa terus berlanjut, walau ada 2-3 orang petugas lagi yang mengajukan pertanyaan yang sama.

Rupanya alergi terhadap fotografer agak susah dihilangkan.

Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho
Stasiun Bogor 2017


Oleh karena itu agak senang juga ketika di layar informasi dalam Commuter Line, ada sebuah lomba foto yang dinamakan #POTD (Photo of the day) yang disponsori LINIKINI. Temanya mengenai berbagai hal yang terjadi di stasiun.

Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, alergi terhadap para fotografer bisa berkurang lebih jauh.

Semoga saja.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?