Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Mencoba GIMP - Perangkat Lunak Untuk Mengedit Image Gratis

Tidak setenar Adobe Photoshop atau Lightroom, tetapi ternyata software (perangkat lunak) untuk mengedit image/foto yang satu ini lumayan juga. Namanya GIMP - GNU Image Manipulation Program atau dengan kata lain program untuk memanipulasi image/foto.

Software ini adalah open source alias berlisensi bebas dan gratis. Boleh dipergunakan secara bebas tanpa dikenakan biaya apapun. Bentuknya adalah program yang dijalankan di komputer (desktop dan notebook).

Versi yang bisa didownload saat tulisan ini dibuat adalah versi 2.8.

Mencoba GIMP - Perangkat Lunak Untuk Mengedit Image Gratis

Isinya ternyata lumayan dalam artian cukup lengkap. Lebih lengkap dari Photoscape. Di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang tidak berbeda dengan yang terdapat pada Photoshop.

Fitur-fitur standar untuk mengedit foto seperti membuat foto menjadi hitam putih, cropping, straightening, mengatur brightness dan contrast, lengkap ada disini dan juga disediakan berbagai opsi untuk tiap fiturnya. Ditambah dengan kemampuan untuk memanipulasi obyek atau warna juga disediakan.

Kemampuannya bisa dikata tidak berbeda dengan Photoshop.

Bedanya adalah tidak perlu keluar uang sepeserpun, selain biaya internet untuk mendownloadnya, untuk mendapatkan GIMP.

Lumayan juga untuk yang berkantung cekak (kayak saya) yang tidak punya dana tetapi juga tidak mau memakai software bajakan.  Bagi mereka yang baru ingin belajar mengedit foto, GIMP juga bisa dimanfaatkan untuk menekan biaya.

Contoh hasil editting di GIMP, bisa dilihat di bawah ini.

Mencoba GIMP - Perangkat Lunak Untuk Mengedit Image Gratis


Mencoba GIMP - Perangkat Lunak Untuk Mengedit Image Gratis

Not bad.

Masih belajar yang mudah-mudah saja. Meskipun kalau pernah mengoperasikan Photoshop seharusnya tidak sulit menggunakan GIMP karena layout dan segala sesuatunya tidak berbeda juga.

Saya akan berbagi apa yang saya temukan di software gratisan ini.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?