Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Obyek Sederhana Pun Bisa Menjadi Indah Di Tangan Fotografer Handal

Obyek Sederhana Pun Bisa Menjadi Indah Di Tangan Fotografer Handal

Banyak orang mengira bahwa untuk menghasilkan sebuah foto yang indah dan enak dilihat maka obyeknya haruslah selalu "wah" dan sesuatu yang yang luar biasa. Tidak sedikit yang berpikir bahwa apa yang difoto lah yang menjadi penting.

Padahal, sebenarnya tidak demikian.

Yang terpenting dalam menghasilkan foto yang indah adalah apa yang ada di kepala yang memotret. Banyak sekali fotografer handal yang hanya memotret obyek-obyek sederhana saja, seperti wajah orang, pemandangan, bunga, binatang dan bahkan makanan.

Mereka berhasil merubah sesuatu yang biasa menjadi "luar biasa" di mata yang melihat.

Kemampuan sang fotografer lah yang membuat hal ini bisa terjadi. Kemampuan untuk menemukan sudut pandang terbaik. Kemampuan untuk menggunakan cahaya untuk memperindah obyeknya. Kemampuan untuk menemukan titik tercantik dari obyek. Kemampuan untuk mengatur setting kamera yang tepat untuk menampilkan kecantikan dan keindahan obyeknya.

Kesemuanya itu yang berperan dalam menghasilkan foto yang baik. Bukan obyeknya.

Seberapapun cantik obyeknya, tanpa kemampuan dari sang fotografer, maka hasilnya tidak akan menjadi enak dipandang mata.

Foto di atas hanyalah foto bunga kertas, bougainville saja. Sesuatu yang tidak menarik dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan sering diabaikan karena tidak ada nilai rupiahnya. Tetapi, di tangan seorang penggemar fotografi, yang walau kemampuan memotretnya tidak luar biasa, bisa menjadi sebuah foto yang lumayan enak dilihat.

Bandingkan saja kalau yang memotret tidak tahu cara untuk memotretnya. Apakah hasilnya akan seperti ini? Kemungkinan besar tidak.


Iya kan?

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?