Perlu Banyak Latihan Untuk Mengedit Foto - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Wednesday, March 21, 2018

Perlu Banyak Latihan Untuk Mengedit Foto

Perlu Banyak Latihan Untuk Mengedit Foto

"Gampang. Nanti tinggal diedit saja fotonya biar lebih bagus" .Pernyataan itu banyak diucapkan masyarakat awam kalau sedang memotret. Memang tersedianya berbagai perangkat lunak untuk memperindah foto dalam berbagai jenis membuat banyak orang berpikir semua bisa diperbagus dengan melakukan foto editing.

Padahal, tidak demikian sebenarnya. Bagi pecinta fotografi, menggunakan photo editing software bukan berarti sekedar memakai berbagai efek praktis yang sudah disediakan. Mereka menginginkan lebih dari itu dan bukan sekedar asal-asalan saja. Apalagi kebanyakan efek yang disediakan aplikasi terbatas dan banyak yang tidak sesuai dengan pengembangan ide.

Dan, itu tidak mudah sama sekali.

Foto di atas adalah salah satu screenshoot dari usaha untuk melakukan editing pada sebuah foto. oto ini pernah dipajang di "Mempersiapkan Kamera".

Dalam ukuran kecil 640 X 480, hal ini tidak terlihat dan tertutup, tetapi dalam ukuran lebih besar 1024 x 800, terlihat sekali hasil editan yang masih kasar.

Benar-benar tidak mudah sama sekali untuk menghasilkan editan yang halus dalam berbagai ukuran. Perlu banyak kesabaran dan ketelitian.

Saat itu, saya belum memilikinya. Masih terasa sekali kurang sabarnya saya dalam mengedit foto sehingga hasilnya kurang maksimal. Mungkin karena, saya sendiri baru mencoba dan belajar menggunakan GIMP dan Photoshop.

Dan, saat ini semua masih terasa sulit sekali. Tidak beda dengan ketika pertama kali saya berusaha menggunakan berbagai teori fotografi. Susah, tetapi lama kelamaan menjadi terbiasa. Itulah yang saya harapkan suatu waktu hal itu juga berlaku dalam mengedit foto.