Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Tidak Semua Yang Dilihat Fotografer Menyenangkan

Tidak Semua Yang Dilihat Fotografer Menyenangkan
Kali Ciliwung Bogor 2017

Memang, biasanya para fotografer akan berusaha selalu menampilkan keindahan. Itu merupakan naluri, tidak beda dengan insting pelukis yang juga akan selalu menekankan keindahan untuk menyenangkan pembeli lukisannya.

Meskipun demikian, sebenarnya ada banyak sekali hal yang tidak menyenangkan ditemui para fotografer dalam menghasilkan karya yang "menyenangkan" itu. Tidak sedikit hal yang sebenarnya mengundang kesedihan ditemukan dalam perjalanan untuk menampilkan karya yang indah-indah itu.

Berkeliling kota sendiri, Bogor, pun demikian adanya. Niatnya memang untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Bogor itu indah, tetapi pada kenyataannya banyak sudut kota hujan dan kota wisata ini sebenarnya tidak nyaman untuk dilihat.

Tidak Semua Yang Dilihat Fotografer Menyenangkan
Kali Ciliwung Bogor 2017
Pemukiman kumuh pada foto-foto di atas adalah hasil jepretan Canon 700D saat berkeliling kota berburu foto dan cerita yang biasa saya lakukan. Lokasinya terhalang bangunan yang berada di sepanjang Jalan Pajajaran Bogor, salah satu kawasan paling ramai oleh kegiatan wisata dan merupakan salah satu pusat bisnis di kota ini.

Tentu saja, tidak menyenangkan melihat jejeran rumah tidak layak huni seperti ini. Dan, tentunya, para wisatawan jarang yang melihat sisi tidak menyenangkan dari kota yang dikunjungi lebih 1 juta orang wisatawan dalam dan luar negeri setiap tahunnya itu.

Sesuatu yang kadang juga hanya disimpan oleh para fotografer di dalam hard disk komputer mereka karena terkadang tema kesusahn seperti ini sulit untuk mendapatkan perhatian.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?