Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Membuat Foto Yang Enak Dilihat Harus Ke Tempat Wisata? Kuno! Kebun Tetangga Juga Bisa

Banyak orang berpikiran bahwa untuk menghasilkan sebuah foto yang enak dilihat harus dilakukan di lokasi-lokasi tertentu saja yang memiliki pemandangan indah. Tidak heran ribuan bahkan jutaan orang terkadang menghabiskan uang banyak hanya untuk pergi ke tempat wisata, dimana biasanya lanskap yang memukau tersedia.

Padahal. tidak demikian yang dilakukan para fotografer. Jika Anda pernah menonton acara On the Spot tentang bagaimana foto yang indah dan mengundang "wow" dihasilkan, Anda akan terkagum-kagum dan heran sekaligus.

Banyak dari foto-foto itu terkadang dibuat hanya di rumah, atau di tempat-tempat yang sebenarnya jauh dari kata indah.

Contoh sederhananya, ada dua di bawah ini.

Membuat Foto Yang Enak Dilihat Harus Ke Tempat Wisata? Kuno! Kebun Tetangga Juga Bisa

Membuat Foto Yang Enak Dilihat Harus Ke Tempat Wisata? Kuno! Kebun Tetangga Juga Bisa

Enak dilihat? Rasanya pasti begitu.

Dugaan Anda dimana foto ini dihasilkan? Tempat wisata seperti Puncak, Bogor? Atau setidaknya rumah berhalaman luas yang ditata oleh tukang taman berpengalaman?

Bukan. Sama sekali bukan.

Jauh dari itu.

Foto-foto ini dihasilkan di kebun tetangga dekat rumah adik ipar di kawasan Sawangan, Depok, yang tidak terurus saja. Sebenarnya ada rongsokan tidak jauh dari tempat pemotretan dan banyak sekali pohon buah bertebaran disana. Hanya ada satu celah kosong yang dipenuhi tumbuhan merambat liar seperti yang berada dalam foto.

Disanalah pemotretan dilakukan.

Kok bisa? Ya karena menjadi kreatif dalam dunia fotografi sebenarnya tidaklah sulit. Yang perlu dilakukan hanyalah mencari sudut pemotretan yang tepat saja sehingga bagian yang tidak perlu dan merusak tidak masuk ke dalam bidang foto.

Imajinasi dan kreatifitas saja.

Jadi, kalau memang sekedar mencari lokasi foto yang bagus, tidak perlu capek-capek kesana kemari. Lihat saja sekeliling dan manfaatkan yang ada. Lain kalau alasannya ingin sambil bersenang-senang barulah silakan berwisata.

Pernah coba sendiri?

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?