Tidak Bisa Sembarangan Foto Untuk Blog Foto Harus Dipilih Dan Dipilah

Tidak Bisa Sembarangan Foto Untuk Blog Foto Harus Dipilih Dan Dipilah
Bogor 2017

Kemarin, kalau tidak salah sih memang baru kemarin, saya membaca pada sebuah blog yang membahas tentang tutorial blogging mengajarkan cara membuat sebuah blog foto atau photoblog.

Tidak ada sesuatu yang aneh, kecuali sebuah kalimat yang intinya mengatakan "Tidak perlu takut untuk memasang sebuah foto yang jelek sekalipun, toh itu blog sendiri dan bagus atau jelek itu relatif. Belum lagi biasanya penampilan foto dalam sebuah blog foto akan tertunjang oleh template yang dipergunakan."

Sesuatu yang memang memotivasi para pemula untuk tidak terlalu membebani diri untuk berusaha menampilkan foto-foto ala fotografer terkenal saja. Para pemula harus berani menampilkan apa adanya sesuai dengan kemampuan fotografinya masing-masing.

Tidak salah. Sama sekali tidak salah. Memang sikap mental yang harus dimiliki sebagai seorang pemula, baik dalam bidang fotografi ataupun sebagai blogger. Tidak perlu terlalu peduli dengan apa kata orang dan jalani saja apa yang menjadi passion.

Dengan begitu, perjalanan blogging dan fotografinya akan menjadi menyenangkan karena tidak membawa beban berlebih.

Meskipun demikian, hanya sekedar dugaan, hal itu mungkin akan tertangkap oleh banyak orang bahwa upload saja foto apa saja ke photoblog. Bagus atau tidak urusan nanti. Biarkan saja orang yang menilai.

Sesuatu yang mungkin akan salah dimengerti.

Tidak bisa begitu juga cara membangun sebuah blog foto. Tetap harus ada hal-hal standar yang harus dilakukan dalam hal mengupload foto. Tidak bisa hanya sekedar jepret dan kemudian upload. Mau miring atau tidak jelas, yang penting upload.

Tidak bisa begitu.

Bagaimanapun, seorang manusia akan punya rasa dalam dirinya tentang sesuatu yang pantas atau tidak untuk diperlihatkan, rasa keindahan. Memang sifatnya relatif dan pribadi, setiap orang akan berbeda batasannya, tetapi semua orang punya.

Dan, seharusnya rasa keindahan inilah yang harus menjadi patokan untuk memilih dan memilah foto yang akan tayang di blog foto yang kita miliki. Sebuah foto yang menurut hati kita bagus, ya pasang dan tampilkan, tetapi kalau dirasa jelek, ya jangan.

Tetap harus ada usaha untuk mencari yang terbaik dari apa yang kita punya untuk diperlihatkan kepada orang lain.

Bukan berarti sembarangan.

Dan, apa yang diajarkan sang blogger tutorial, janganlah dipandang bahwa membuat blog foto harus dilakukan tanpa mengindahkan apa-apa dan cukup mengupload foto apapun. Tidak bisa begitu juga .

Layaknya seorang manusia, kita tetap harus berusaha memberikan dan menampilkan yang terbaik kepada khalayak.

Popular posts from this blog

Fotografi Human Interest, Apa sih maksudnya?

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Dua Fungsi Utama Fotografi