Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Bingung Mencari Obyek Foto? Jangan!

Bingung Mencari Obyek Foto? Jangan!
Stasiun Gondangdia, 2017
Banyak orang yang berkeliling dengan kamera di tangan, paling tidak kamera smartphone, tapi tidak menghasilkan sebuah foto pun. Alasan klasiknya adalah karena mereka bingung mencari obyek foto yang bisa dijadikan sasaran.

Klasik. Entah sudah berapa puluh orang yang saya kenal mengemukakan alasan seperti itu. Kurang bisa diterima sebenarnya. Rasanya seharusnya hal itu tidak mungkin terjadi.

Kok bisa bingung, padahal Tuhan sudah menganugerahkan bumi beserta isinya untuk manusia. Di dalamnya ada paling tidak 6 milyar orang, entah berapa banyak tanaman, juga tidak terhitung bangunan, hewan, dan masih banyak benda lain yang tidak bisa disebutkan.

Dunia tidak selebar celana kolor.. eh daun kelor.

Luas sekali.

Jadi, jelas sekali tidak mungkin tidak ada obyek yang bisa dijadikan sasaran kamera. Yakin banget soal itu sih.

Bingung Mencari Obyek Foto? Jangan!
Cibinong City Mall, 2018
Tapi, kenyataannya, hal itu sering terjadi kan?

Salah satu penyebabnya adalah karena pikiran kebanyakan orang terbelenggu dengan pandangan bahwa

  1. obyek foto itu harus tempat yang indah-indah
  2. obyek foto itu harus wanita dan wanita cantik atau pria ganteng saja
Intinya obyek itu harus yang bagus-bagus saja. Barulah bisa dijadikan obyek. Makanya, biasanya orang berusaha terus mencari yang seperti ini di kala hendak memotret.

Padahal, fotografi tidak demikian adanya.

Bingung Mencari Obyek Foto? Jangan!

Keindahan atau kecantikan yang terlihat dalam foto, sebagian besar hadir bukan karena obyeknya. Hal-hal itu lahir dan diciptakan oleh orang di belakang kameranya, si fotografernya. Bukan seratus persen karena sudah darisananya.

Sebuah lukisan yang bagus sering tidak memiliki obyek sama sekali. Apa yang dilihat orang sering merupakan terjemahan dari ide yang ada di kepala si pelukisnya yang kemudian diterjemahkan ke atas kanvas. Kalaupun pakai obyek, aslinya belum tentu demikian.

Begitu juga dengan fotografi. Arti dari fotografi kerap diterjemahkan oleh banyak orang sebagai "melukis dengan cahaya (kamera menggunakan cahaya untuk merekam gambar):. Sifatnya sama.

Selama sang fotografer kreatif dan memiliki skill untuk memadukan garis, warna, momen unik, dan tentunya cara mengatur kameranya, hasilnya bisa enak dilihat.

Apapun itu. Bahkan, botol bekas yang dibuang ke jalan sekalipun, di tangan fotografer yang handal, bisa menjadi sebuah foto yang menarik. Padahal, botol itu dibuang karena dianggap buruk dan jelek oleh orang lain.

Bingung Mencari Obyek Foto? Jangan!


Coba saja tanyakan pada mereka yang menggeluti fotografi jalanan, fotografi makanan, fotografi human interest. Apakah mereka mengandalkan kepada keindahan dan kecantikan obyeknya saja? Jelas tidak.

Jadi, tidak ada alasan untuk bingung mencari obyek foto. Ada banyak, bahkan terlalu banyak di dunia ini. Yang perlu dilakukan adalah dengan memilih salah satu (atau salah banyak) dan kemudian mengembangkan ide dan gabungkan dengan kemampuan memotret.

Sesederhana itu saja.

Popular posts from this blog

Dua Fungsi Utama Fotografi

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Fungsi Utama Photo Editing Software Adalah Memperbaiki Foto

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?