Posts

Showing posts from March 25, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Bukan Hanya Yang Cantik Yang Harus Dipotret - Empati Seorang Fotografer

Image
Saya bukan fotografer yang menekuni fotografi model. Padahal, kalau cuma untuk sekedar mengundang "LIKE" di Facebook atau Instagram, foto seorang wanita dengan paha mulus, dada montok dan kencang, serta wajah cantik adalah senjata paling ampuh untuk mendapatkannya.

Sayangnya, kalau semua hanya menampilkan yang indah-indah dan enak dilihat saja, kasihan yang "jelek" dan tidak enak dilihat.

Saya manusia juga dan memiliki empati tentang hal itu. Kasihan yang jelek kalau tidak ada yang memotret.

Oleh karena itu, saya juga gemar memotret yang jelek-jelek.

Hati-Hati Dengan Lampu Flash Anda

Image
Flash atau si lampu kilat, bukan superhero asal Amrik, sangat berguna untuk memotret. Paling tidak di saat sumber cahaya tidak banyak tersedia, alias gelap, temaram, atau apalah namanya.

Si kilat itu juga ternyata berguna untuk menghasilkan momen yang lucu ketika obyeknya terpaksa menutup mata karena tidak tahan silaunya kilatan cahaya.

Walau, sebaiknya setelah itu ucapan maaf disampaikan pada sang obyek karena sudah mengganggunya.

Yang Muda Dan Cantik

Image
Rasanya fotografi itu perlu ditularkan kepada lebih banyak orang. Efeknya bisa "membuat" yang menggemarinya merasa awet muda terus. Terutama, kaum adam.


Hanya dengan menenteng kamera dan mengarahkannya kepada obyek yang muda dan cantik, ada rasa senang, gembira, dan excited. Unsur-unsur dalam manusia yang biasanya membuat orang yang memilikinya merasa awet muda dan mampu hidup 1000 tahun lagi.

Apalagi, para istri pun biasanya "mengizinkan" dan tidak banyak protes dalam hal ini.

Lengkap sudah unsur yang mampu membuat seseorang merasa muda terus.

Kok Foto Jelek Dipamerin?

Image
Kok Maniak Potret foto-fotonya jelek-jelek sih? Kalau ada yang bertanya begitu, maka jawabannya " Lah, di Facebook ada ribuan foto jelek dari orang jelek yang memotret sendiri dengan cara motret yang jelek, kok kamu tidak ribut?"

Padahal disini kan "rumah" saya sendiri. Jadi, saya mau pamer foto sejelk apapun ya sah-sah saja. Lagipula itulah saya apa adanya.

Jelek ya jelek. Tetapi bukan berarti tidak boleh dipamerkan. Yang jelek saja boleh selfie dan memajang fotonya, lalu kenapa  saya tidak boleh.

Kan tidak ada aturan yang melarang orang memajang foto sejelek apapun.

Iya kan?

Mobil Bututku Sayang

Image
Catnya sudah pudar karena terlalu banyak "berjemur" di bawah terik matahari. Jendelanya harus di"bypass" sistemnya supaya bisa tertutup dengan baik. Mesinnya, walau masih lumayan tidak bisa menutupi kelemahan yang diakibatkan usia yang menua.

Cuma pajaknya saja yang menunjukkan bahwa pemiliknya sadar atas kewajiban.

Tetapi, kalau di dalam kota Bogor, kecepatannya masih bisa mengimbangi Ferrari, Lamborghini, atau Mercedes terbaru sekalipun.

Maklum saja, Bogor itu macet sekali dan tidak mungkin memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Saat itulah si tua ini merasa sejajar dengan para mobil "muda", "canggih", dan "mahal".

Memang Susah Jadi Anak Kecil

Image
Kalau nontonnya di belakang, tidak mungkin kelihatan. Badan kecil nan pendek, tidaklah mungkin bisa melihat parade yang akan lewat.

Berada di paling depan adalah yang terbaik bagi seorang anak kecil.

Tetapi, itu juga bukan tanpa masalah, orang-orang dewasa di belakang suka sekali mendorong dan mendesak. Padahal, tidak ada jalan lain bagi seorang anak kecil untuk bergerak lebih maju. Orang dewasa saja tidak bisa memindahkan pagar di depan ke tempat lain, apalagi seorang anak kecil.

Memang nasib menjadi anak kecil ya begini ini.

Tidak Semua Yang Dilihat Fotografer Menyenangkan

Image
Memang, biasanya para fotografer akan berusaha selalu menampilkan keindahan. Itu merupakan naluri, tidak beda dengan insting pelukis yang juga akan selalu menekankan keindahan untuk menyenangkan pembeli lukisannya.

Meskipun demikian, sebenarnya ada banyak sekali hal yang tidak menyenangkan ditemui para fotografer dalam menghasilkan karya yang "menyenangkan" itu. Tidak sedikit hal yang sebenarnya mengundang kesedihan ditemukan dalam perjalanan untuk menampilkan karya yang indah-indah itu.

Berkeliling kota sendiri, Bogor, pun demikian adanya. Niatnya memang untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Bogor itu indah, tetapi pada kenyataannya banyak sudut kota hujan dan kota wisata ini sebenarnya tidak nyaman untuk dilihat.

Pemukiman kumuh pada foto-foto di atas adalah hasil jepretan Canon 700D saat berkeliling kota berburu foto dan cerita yang biasa saya lakukan. Lokasinya terhalang bangunan yang berada di sepanjang Jalan Pajajaran Bogor, salah satu kawasan paling ramai oleh kegi…

Berburu Keindahan di Kota Sendiri

Image
Tidak terasa juga, sudah tiga tahun lebih saya menekuni hobi sebagai seorang fotografer jalanan (atau apalah sebutannya). Selama itu entah sudah berapa ratus kilometer bagian dari kota Bogor yang saya susuri demi mendapatkan foto.

Mulanya hanya berbekal dengan sebuah smartphone lawas, Sony Xperia M, dengan lensa seadanya. Kemudian berkembang karena saya menyadari keterbatasannya, dengan sebuah prosumer Fuji Finepix HS 35EXR. Baru setahun belakangan, kemana-mana, sebuah Canon EOS 700D selalu menemani.

Tidak mewah. Tidak canggih. Tetapi, itulah yang mampu saya beli. Lagipula, saya tidak menekuni fotografi untuk mencari nafkah, selain sebagai hobi, juga diniatkan untuk mengisi blog bernama Lovely Bogor, yang tentunya isinya adalah hal-hal yang berkaitan dengan si Kota Hujan.

Selama itu pula, bisa dikata, sama sekali tidak pernah saya melakukan hunting foto keluar dari kota tersebut. Hampir, karena masih ada bagian kecil dimana saya tetap memotret, yaitu saat berangkat dan pulang kerja a…

Selalu Ada Sebuah Cerita di Balik Sebuah Foto

Image
Mungkin, kebanyakan orang hanya melihat sebuah foto sebagai gambar statis, diam, tak bergerak yang mewakili satu momen di masa lalu saja. Tidak ada apa-apa di balik foto itu.

Tetapi, sebenarnya tidak demikian. Memang, foto adalah perwakilan dari sekilas event yang sudah berlalu. Hanya kalau ditilik lebih dalam lagi, selalu ada sebuah cerita di balik sebuah foto.

Bagaimanapun, setiap orang yang memotret akan memiliki "ide" dan "pemikiran" yang kemudian mendorongnya untuk merekam sebuah momen. Ia pasti menganggap peristiwa itu "berharga" (meski entah seberapa tinggi harganya) sehingga ia mau merepotkan diri untuk mengeluarkan kamera dan kemudian memotretnya.

Ide itulah yang kemudian ia usahakan untuk diterjemahkan dalam bentuk visual, yaitu sebuah foto.

Dari sanalah hadir kutipan terkenal " Foto bisa bermakna 1000 kata" karena pada dasarnya ia mewakili apa yang dirasakan dan apa yang ingin disampaikan oleh si pemotretnya.

Cerita itu sendiri kemud…

Indahnya Perpaduan Warna Cerah dan Hitam Dalam Foto

Image
Mulanya hanya sekedar iseng dan ingin tahu saja. Seperti apa sih sebuah foto kalau diberikan latar belakang hitam? Apakah akan menjadi mirip dengan pasfoto seperti yang tertempel di ijazah atau passport?

Hasilnya ternyata tidak sama dengan pasfoto. Beberapa hasil editing dengan menggunakan GIMP menunjukkan bahwa perpaduan warna cerah dan hitam pada sebuah foto bisa menjadi keindahan tersendiri.

Tentunya, hasil dari proses editing ini tidak bisa lagi disebut foto karena ada bagian-bagian yang dihilangkan/ditutupi oleh warna hitam dan juga bukan seperti inilah yang dilihat saat memotret. Namanya mungkin bisa dimasukkan dalam kategori "digital art" atau karya seni digital, walaupun masih sangat sederhana.



Enak dilihat kan?

Penari Bali

Image
Sebuah file lama yang tersimpan di komputer karena hasilnya sangat tidak memuaskan. Out of focus, terlalu terang, noise, dan banyak lagi lainnya. Maklum dijepret dengan hanya menggunakan Fuji Finepix HS35EXR, sebuah prosumer saja. Apalagi dipotret dari jarak yang lumayan jauh, jadi lengkaplah sudah.

Meskipun demikian, kemudian dengan menggunakan photo editing software gratisan, GIMP-GNU Image Manipulation Program, foto lama tersebut kemudian diedit. Beberapa bagian dibuang dan menyisakan "Sang Penari Bali" saja.

Setelah dilakukan penajaman, perbaikan contrast, dan membuat warna lebih tua, ternyata hasilnya lumayan juga. Tidak buruk sama sekali. Bahkan, saya sendiri heran hasilnya bisa sebagus ini. Maklum juga, bukan ahli dalam bidang editing foto.

Enjoy!

Anggrek Tanpa Nama

Image
Namanya ada. Pasti itu. Apalagi anggrek "tanpa nama" ini dipotret di Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor. Jadi, sudah pasti akan ada yang tahu dan bahkan mencatat namanya.

Tetapi, bagi saya tetap saja tanpa nama, karena saya tidak tahu harus menyebut dan menamainya apa. Terutama, walau saya suka anggrek, hampir tidak pernah hapal nama-nama bunga cantik ini.

Bagi saya nama tidak penting. Yang penting adalah keindahnnya yang selalu memikat mata.

(Editing : GIMP / GNU Image Manipulation Program)

Mereka Juga Orang Indonesia

Image
Mata mereka memang lebih sempit daripada kebanyakan orang Indonesia. Begitu juga kulitnya kuning mirip salah satu ras terbesar di dunia. Meskipun demikian, percayalah, mereka adalah orang Indonesia.

Lihat saja KTP mereka. Akte kelahiran. Bahkan, bahasa yang mereka pergunakan. Mayoritas dari mereka lahir di negara ini dan tidak pernah melihat negara "leluhur"nya. Banyak dari mereka yang ibu, bapak, kakek, dan neneknya lahir dan mati di Indonesia.

Haruskah mereka tetap dianggap bukan orang Indonesia?

(Editting : GIMP - GNU Image Manipulation Program)

Bunga Teratai Putih Cantik

Image
Tidak mahal. Tidak mewah. Tidak akan ditemukan dalam vas di meja rumah atau kantor. Tempatnya biasanya di kolam terbika. Maklum, tanaman akuatik.

Tetapi, soal keindahannya, jangan ditanya. Tidak ada yang tidak tertairk melihat Bunga Teratai Putih. Kelopaknya yang bak mahkota serta gabungan warna sederhana tidak pernah gagal membuat yang melihat setidaknya mengerling sejenak ke arahnya/

(Editing : GIMP/GNU Image Manipulation Program)

Kuning Juga Indah

Image
Warna kuning sering tidak dianggap oleh pengendara motor. Artinya adalah perlambat kendaraan Anda tetapi pemotor sering menerjemahkannya dengan tekan gas lebih dalam.

Tetapi, warna kuning pada bunga, tidak akan pernah bisa tidak dianggap dan luput dari perhatian.

(Editing : GIMP / GNU Image Manipulation Program)

Wajah Naga Yang Tidak Menyeramkan

Image
Kata orang, naga itu menyeramkan, tetapi kalau melihat acara Cap Go Meh itu, ternyata sama sekali jauh dari kata menakutkan. Wajahnya ceria dan penuh warna.

Jadi, haruskah takut kepada naga?

(Editing : GIMP / GNU Image Manipulation Program)

Lotus atau Bunga Seroja Itu Enak Dilihat

Image
Bukan bunga yang mahal.  Jarang ditemukan di toko bunga. Tidak akan diharapkan oleh wanita manapun saat menerima pernyataan cinta.


Meskipun demikian, keindahan adalah keindahan. Tidak peduli harganya dan dimana ia hidup, sesuatu yang indah harus dikatakan indah. Begitu juga dengan Lotus atau Bunga Seroja. Meskipun bukan bunga yang mewah dan mahal, tetap saja bunga ini enak untuk dilihat.

(Editing : GIMP / GNU Image Manipulation Program)