Posts

Showing posts from April 22, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Fotografi Jalanan Itu Genre Untuk Orang Yang Kurang Kerjaan

Image
Tidak terhindarkan juga dan akan sangat bisa dimengerti kalau ada yang beranggapan bahwa genre fotografi jalanan itu genre orang yang kurang kerjaan. Coba saja pikirkan sendiri apa yang didapat oleh para penggemar genre ini.

Uang? Boro-boro. Hampir tidak pernah ada orang yang mau mengeluarkan uang sekedar untuk membeli foto tentang orang tak dikenal di sebuah daerah yang juga tidak mereka kenal.

Ketenaran? Jangan harap.. Mendapatkan "LIKE" di komunitas fotografi di Facebook saja sangat sulit. Kalaupun dapat jumlahnya bisa dihitung dengan jari dan tidak akan sampai 1/10 dari foto-foto yang memasang cewek bahenol dengan dada membusung dan paha mulus.

Mengundang job? Tidak bakalan. Siapa sih yang mau dipotret dengan gaya seadanya dan pencahayaan tergantung pada matahari nongol atau tidak. Bisa jadi malah yang menjadi obyek foto yang akan meminta bayaran karena sudah dilanggar privasinya.

Tidak ada sesuatu yang kalau menurut teori kapitalisme dan hukum ekonomi memungkinkan para…