Posts

Showing posts from May 27, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Memotret Jalanan

Image
Memotret jalanan itu menyenangkan. Bukan hanya disana ada banyak leading line, si garis bantu yang bisa dipergunakan, tetapi juga karena begitu banyaknya hal yang tidak terduga di dalamnya.

Disana ada kehidupan. Juga ada keindahan. Tetapi, juga ada keruwetan.

Tidak bisa diduga hasilnya. Terlalu banyak kemungkinan yang tidak bisa diprediksi di muka.

Bukan Hanya Rumah Yang Perlu Disapu

Image
Semua tempat harus dibersihkan kalau mau nyaman. Iya kan? Karena itulah rumah atau kantor harus disapu setiap hari supaya siapapun yang berada di dalamnya tidak merasa risih karena sampah dan kotoran berceceran dimana-mana.

Tetapi, bukan hanya rumah saja yang perlu disapu. Jalan pun harus juga dibersihkan bukan karena takut ada benda-benda yang bisa mengganggu kendaraan, tetapi karena bisa menghalangi calon pembeli datang.

Mungkin itu yang ada di benak penjual bubur di jalanan ini saat mengayunkan sapu lidinya di salah satu jalan Kota Bogor ini.