Posts

Showing posts from September 30, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Foto Bisa Menyampaikan Informasi Asal Diberi Caption Yang Tepat

Image
Sudah banyak yang melupakan fungsi foto yang satu ini. Mayoritas orang sekarang membuat foto hanya untuk kesenangan, mencari LIKE di media sosial, atau memamerkan keindahan saja. Padahal, ada satu hal yang juga bisa disampaikan oleh sebuah foto, yaitu menyampaikan informasi.

Coba saja lihat foto di bawah ini.

Informasi apa yang akan Anda bawa pulang?

a) Jika hanya tulisannya saja, maka Anda mendapat informasi bahwa di Kebun Raya Bogor ada Tugu Dua Abad Kebun Raya Bogor, tetapi Anda tidak tahu bentuknya seperti apa

b) Jika hanya fotonya saja, Anda akan terbayang bentuknya, tetapi akan terus bertanya "Benda atau tugu apakah itu?"

Ketika dikombinasikan, maka keduanya memberi informasi yang lengkap dan Anda bisa membawa pulang informasi tersebut.

Bisa juga dilakukan dengan memberi judul yang spesifik tentang apa yang tergambar secara visual oleh sebuah foto. 

Sederhana Penting Dalam Fotografi

Image
Tidak yakin. Sama sekali tidak yakin kalau pencetus fotografi itu pernah mendengarkan ceramah para ustadz atau ustadzah tentang kebaikan hidup sederhana. 

Tidak Selalu Harus Cantik Atau Indah, Yang Lucu Juga Boleh

Image
Banyak yang berpikir kalau fotografi itu hanya merekam yang indah dan cantik saja. Yang jelek, apalagi orang jelek tidak boleh dan bisa diabadikan dalam foto.