Posts

Showing posts from October 21, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Perhatikan Jarak Saat Menggunakan Flash (Lampu Kilat)

Image
Flash atau lampu kilat merupakan fitur yang sangat membantu saat memotret, terutama dalam situasi dimana cahaya kurang. Alat ini merupakan sumber cahaya tambahan untuk menerangi obyek yang akan difoto.

Tetapi, ada satu hal penting, yang kerap juga terlupakan saat menggunakan alat yang satu ini, yaitu JARAK. Maksudnya, jarak antara kamera dengan obyeknya.

Seorang pemotret harus mengetahui posisi yang tepat agar keuntungan tidak berubah menjadi kerugian. Kesalahan dalam menentukan jarak bisa berakibat

1)  Mendapatkan hasil yang tak diinginkan
Kalau manusia yang menjadi obyeknya, mata obyek bisa terpejam . Sebuah hal normal karena refleks manusia adalah menutupi mata di kala ada kilatan sinar yang terlalu kuat. Dan, kalau jarak terlalu dekat, hasilnya cahaya yang menerpa menjadi berlebihan dan otomatis kelopak mata akan menutup untuk melindungi bola mata dari kerusakan

2)  Terlihat Tidak Natural Terlalu dekat juga membuat obyeknya bisa terlihat terlalu terang dan tidak natural. Belum ka…

Penggemar Fotografi Jalanan Kerap Menjadi Pusat Perhatian

Image
Tidak bohong kok! Lagian, ngapain bohong. Dosa.

Kalau menjadi penggemar fotografi jalanan bisa membuat kita jadi pusat perhatian. Mata banyak orang akan melirik kalau kita lewat. Itu sedikit konklusi alias kesimpulan yang diambil selama 4 tahun menyusuri jalan, kerap tanpa tujuan, untuk istilah kerennya hunting foto. Berburu momen.

Cuma, jangan bayangkan perhatiannya seperti kalau seorang bintang film lewat. Juga lirikan mata yang didapat berbeda dibandingkan lirikan yang dihasilkan seorang cewek cantik berjalan.

Beda banget. Perhatian yang didapat cewek cantik biasanya lirikan mata nakal dan senyum di wajah banyak orang, Tapi, perhatian yang didapat seringkali berupa lirikan mata tajam dan muka dipasang garang. Curiga. Dan, tidak sedikit juga mimik wajah yang menandakan keheranan. Terutama kalau di tangan ada kamera DSLR atau Mirrorless.

Kadang kalau sedang beruntung disangka wartawan.

Rupanya, masih banyak orang yang belum mengerti kalau kamera sekarang harganya tidak terlalu mahal…

Bagaimana Kalau Foto Anda Dianggap Jelek ?

Image
Memang tidak pernah enak kalau sudah capek, mengorbankan waktu dan tenaga, baju basah keringat, ternyata kemudian hasil fotonya dianggap jelek. Apalagi kalau bahkan dilirik pun tidak. Memang tidak enak.

Tetapi, belajar dari pengalaman menekuni fotografi jalanan, yang kerap dianggap genrenya orang miskin, justru hal tersebut sebenarnya bagus buat seorang fotografer.

Kalau ada orang menyebut foto hasil karya kita jelek itu pertanda

Orang itu peduli dan masih mau memberikan masukan/kritikBerarti didorong untuk terus belajarTidak akan terlena dengan pujian
Iya kan? Sakit memang, tetapi biasanya seseorang akan belajar lebih banyak dari kegagalan daripada kesuksesan. Mereka bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan itu. Sementara kesuksesan cenderung menghambat perkembangan untuk mencapai kemajuan.

Itu sih pandangan dari orang yang memotret untuk iseng, dan mengisi blog saja. Mungkin akan berbeda kalau saya memotret untuk dibayar. Kalau klien itu mengatakan foto hasil jepretan say…

Apa Modal Awal Untuk Belajar Fotografi ?

Image
Modal awal belajar fotografi itu tidak mahal sebenarnya. Cuma satu hal mutlak yang harus ada, yaitu KAMERA.

Kenapa? Karena tanpa itu maka tidak ada fotografi. Jadi, cuma itu saja syarat yang harus dipenuhi. Bisa nggak pakai kanvas dan cat air, kan hasilnya bisa sama indahnya? Ya tidak bisa. Nanti Anda akan belajar seni lukis dan fotografi.

Jangan berpikir bahwa kamera yang disediakan harus DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau Mirrorless. Tidak ada keharusan untuk itu, tetapi kalau Anda memang punya uang, ya beli saja..

Kalau tidak ada, ya pakai saja smartphone di tangan. Zaman sekarang, justru jarang menemukan ponsel tanpa kamera. Seberapapun kecilnya ukuran pixel yang dijanjikan, tetap saja itu kamera dan lebih bagus dibandingkan kamera Brownie produksi tahun 1901 yang hanya bisa menghasilkan foto 2 1/4 inci saja (3 centimeter saja)

Modal lainnya adalah

1. Niat : tanpa niat yang tidak akan ada yang bisa berjalan
2. Semangat : tanpa yang satu ini, biasanya proses belajarnya akan se…

Rekaman Kehidupan Pinggir Sungai

Image
Seharusnya, kita yang punya mesin cuci dan kamar mandi di rumah merasa bersyukur apa yang kita punyai. Fasilitas yang terkait sanitasi dan kebersihan hidup kita sudah terpenuhi.

Bersyukur karena rupanya di Indonesia sendiri masih banyak orang yang bahkan untuk merasakan kenikmatan memiliki privasi untuk hal pribadi saja belum bisa.

Rekaman kehidupan pinggir sungai di bawah ini adalah sedikit gambaran salah satu sisi kehidupan masyarakat Indonesia yang kadang tidak terlihat oleh kita. Dan, seharusnya membuat rasa syukur hadir meskipun kamar mandi di rumah tidak seberapa besar.




Iya nggak?