Posts

Showing posts from November 18, 2018

Kemajuan Teknologi Membuat Fotografi Mendekati Seni Lukis

Image
Mungkin terdengar mengada-ada mencoba menyamakan fotografi dengan seni lukis. Dan, sebenarnya tidak ada niat untuk membuatnya menjadi sama. Keduanya adalah bidang yang berbeda satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi kamera dan juga aplikasi pengedit citra, suka tidak suka, mau tidak mau mendorong fotografi mempersempit jarak dengan saudaranya dalam hal menghasilkan image atau gambar, yaitu seni lukis.

Seni lukis biasanya bermula dari kanvas kosong yang kemudian diisi dengan gambaran dari apa yang tergambar di benak pelukisnya. Meskipun ada orang atau benda yang dijadikan model, tetapi apa yang terlihat pada kanvas sebenarnya adalah cerminan dari apa yang dilihat oleh pelukis dari modelnya.

Bukan seratus persen modelnya sendiri.

Pelukis pemandangan tidak melukis sesuatu yang benar-benar sama dengan lanskapnya sendiri. Yang dilukisnya adalah gambaran keindahan yang ada di otaknya.

Disana terselip berbagai ide dan perasaan pelukisnya.

Sekarang bandingkan saja de…

Apa Yang Harus Pertama Kali Diajarkan Kepada Yang Baru Belajar Fotografi ?

Image
Hayo....pernahkah terbayangkan dalam benak Anda tentang hal ini? Apa yang harus diajarkan kepada orang yang baru pertama kali belajar fotografi/

Maksudnya bukan orang yang tidak pernah memotret sama sekali karena di zaman sekarang dengan adanya smartphone, hampir pasti mereka pernah memotret. Cuma dalam hal ini mereka sangat awam mengenai teknik fotografi dan biasanya hanya asal jepret saja.

Nah, kemudian karena mereka tertarik, mereka ingin coba belajar lebih lanjut.

Kepada orang yang seperti ini, materi pelajaran apa yang sesuai? Apakah tentang Aturan Sepertiga (Rule of Thirds)? Ataukah mengenai Segitiga Fotografi, Aperture-Shutter Speed-ISO? Mungkinkah Bokeh? Ataukah komposisi?

Yah, dulu saya juga bingung. Banyak tetangga menganggap saya sebagai fotografer beneran, padahal hanya amatiran belaka. Tidak jarang mereka minta diajarkan bagaimana contohnya memotret dengan baik dan benar.

Bingung.

Masalahnya adalah mayoritas dari mereka sama sekali buta terhadap apa itu fotografi. Bahkan,…

Warna Cerah Memisahkan Obyek Foto Dari Latar Belakang

Image
Pernah membayangkan efek dari warna baju yang dipergunakan bisa menentukan hasil foto? Mungkin tidak pernah, tetapi sebagai seorang penggemar fotografi, hal itu adalah selalu yang saya sarankan ketika hendak memotret dengan obyek manusia.

Itu juga pesan yang saya sampaikan kepada dua model yang berbeda. Yang pertama seorang sepupu yang hendak melakukan prewedding dan kedua teman lama yang kebetulan ingin belajar fotografi.

"Pakai warna baju yang cerah, yah!", pesan saya. Hal itu karena lokasi pemotretan sudah terbayang, yaitu Hutan CIFOR dan Kebun Raya Bogor. Meski tempat yang berbeda, tetapi keduanya memiliki background yang kurang lebih sama, yaitu POHON, dan banyak.

Jadi, sudah terbayangkan kalau warna dominan pada latar belakang adalah hijau, yang termasuk kategori "cool color" atau warna tenang/menenangkan.

Rupanya keduanya tidak mengikuti saran tersebut. Keduanya memakai warna yang tidak begitu cerah. Yang satu Navy atau biru tua dan yang satunya Maroon, mera…

Tidak Semua Yang Tua Tidak Cantik

Image
Pernahkah kita menyadari bahwa ada sebuah generalisasi, atau gebyah uyah, penyamarataan tertanam dalam benak manusia? Terutama yang berkaitan dengan kata "cantik".

Generalisasi itu tertuang dalam kata muda = cantik, tua = jelek.

Kalau tidak percaya, coba saja sendiri ketika kata tua terdengar, lalu apa yang terbayang? Keriput, peyot, tidak lagi segar, dan tentunya semua itu berakhir pada kata jelek. Minimal "tidak cantik".

Sebaliknya kalau kata muda yang terdengar, bukankah yang terbayang di kepala adalah muda, bertubuh sintal, berkulit mulus, dan segala sesuatu yang berujung pada kata cantik.

Iya kan? Beranikah Anda mengakui hal itu?

Tetapi, kenyataan di lapangan tidak selalu demikian. Cantik itu adalah kata yang relatif dan tidak melulu berhubungan dengan usia seseorang.

Dan, si Canon 700D mengatakan itu kepada saya lewat hasil-hasilnya.


Seorang kawan lama semasa SMA dulu ikut hadir ketika seorang kawan lama yang lain ingin belajar memotret. Ia bersedia menjadi …