Kunci : Perjuangkan Sudut Pengambilan Foto


Ada banyak teori mengenai bagaimana menghasilkan sebuah foto yang baik dan benar. Banyak sekali dan tidak terhitung.

Meskipun demikian, kebanyakan fotografer sepakat akan satu hal penting bahwa sudut pengambilan foto merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan oleh seorang fotografer.

Mereka sepakat bahwa bahkan dengan kamera sederhana dan tidak mahal sekalipun, sebuah foto bisa menjadi enak dilihat kalau sudut (angle) pengambilan gambarnya tepat.

Masalah utamanya adalah tidak ada patokan pasti tentang angle yang tepat. Untuk satu kata ini, bisa lahir ribuan artikel dan penjelasan dan tetap tidak ada kepastian.

Pemilihan angle akan tergantung pada sikon di lapangan. Tergantung pada obyeknya, sumber cahaya, peralatan yang dibawa, bahkan kepadatan arus lalu lintas pun bisa mempengaruhi ditemukannya sudut yang dianggap tepat oleh seorang fotografer.

Oleh karena itu, seorang fotografer haruslah berusaha terus menemukan sudut pengambilan foto yang dianggapnya terbaik di antara ribuan opsi yang tersedia. Perlu keberanian untuk mencoba dan bereksperimen.

Tidak ada kepastian.

Yang ada adalah sebuah usaha, perjuangan untuk menemukan kunci yang dianggapnya pas dan kemudian menggunakannya untuk menghasilkan foto yang sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

Popular posts from this blog

Fotografi Human Interest, Apa sih maksudnya?

Tips #5 : Mana Yang Lebih Baik Canon, Fuji, atau Nikon? Tips Membeli Kamera

Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Dua Fungsi Utama Fotografi