6 Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, May 22, 2019

6 Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan

Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan
Menunggu Pembeli - Jembatan Merah, Bogor 2019
Kamera smartphone dianggap oleh banyak orang hanyalah sekedar alat dokumentasi saja. Penggunanya sering dianggap bukan sebagai orang yang serius menekuni fotografi, seberapapun mahal smartphone yang digunakan. Sementara pengguna kamera DSLR atau Mirrorless dianggap lebih serius dalam hal ini. Padahal, tidak selalu demikian. Banyak orang dengan sengaja memilih untuk menggunakan smartphone sebagai medianya menekuni fotografi, terutama mereka yang menekuni fotografi jalanan.

Bukan karena mereka tidak menyadari DSLR atau Mirrorless memiliki lebih banyak fitur yang menguntungkan, tetapi karena mereka biasanya menemukan kelebihan kamera smartphone yang sulit diberikan DSLR atau Mirrorless dalam memotret di jalanan dan ruang publik.

O yah?

Pasti banyak yang tidak percaya bahwa kamera smartphone memiliki kelebihan dibandingkan DSLR. Kebanyakan akan beranggapan sebaliknya, tetapi dalam dunia fotografi jalanan, memang kamera smartphone memiliki keunggulan dalam banyak hal, terutama dalam 6 hal ini.

6 Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan

Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan

1) Ringan  


Jangan remehkan berat kamera yang Anda bawa. Mungkin Canon 700D hanya 800 gram saja, satu kilo lah dengan lensa standarnya. Ringan? Memang, sangat ringan kalau hanya diangkat selama 5-10 menit saja. Tetapi, bayangkan kalau harus membawanya menyusuri jalan selama 3-4 jam?

Tahu rasanya? Pegal sekali. Dan, tentunya semua itu justru akan menghambat dalam berburu momen di jalanan.

Bandingkan dengan smartphone yang beratnya jauh lebih ringan, dan kalaupun pegal bisa dimasukkan ke dalam kantung.

2) Tidak Banyak Pilihan :


Kamera smartphone tidak memiliki banyak fitur. Terbatas sekali malah, apalagi kalau ponsel low-end, hanya akan ada beberapa mode saja selain mode auto. Terbatas sekali.

Untungnya, justru keterbatasan itu yang memberikan kelebihan lainnya, yaitu tidak banyak pilihan. Dengan begitu sang fotografer tidak diberi kesempatan berpikir dan memilih fitur. Dia hanya bisa memakai yang ada saja, dan hal ini justru menguntungkan dalam dunia fotografi jalanan.

Dengan begitu, sang pemotret tidak perlu berpikir banyak masalah setting dan membuatnya bisa bereaksi dengan cepat terhadap momen yang ada. Biasanya dalam fotografi jalanan memang, mode yang disarankan adalah mode auto.

Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan DSLR Dalam Fotografi Jalanan

3) Siap Sedia Setiap Saat :


Berapa waktu yang diperlukan untuk menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless ? Bervariasi memang, tetapi lumayan banyak juga langkahnya, apalagi kalau kameranya berada dalam tas kamera. Pasti lebih panjang lagi.

Bandingkan dengan smartphone yang biasanya ada di kantung dan cukup dengan menekan satu shortcut saja, kamera sudah siap.

Belum lagi, kamera DSLR/Mirrorless tidak bisa dibawa setiap saat mengingat banyak tempat, seperti mall melarang membawa kamera jenis ini. Bandingkan dengan smartphone yang bisa dibawa kemanapun, bahkan ke kantor sekalipun.

Ini salah satu kelebihan smartphone daripada DSLR yang sulit dibantah.

4) Tidak Mengundang Perhatian :


Orang memotret dengan smartphone sudah biasa. Semua orang melakukannya. Cobalah memotret dengan DSLR, pasti biasanya mau tidak mau orang akan melirik dan tidak jarang memandang curiga. Sang obyek pun kerap langsung tahu bahwa dirinya dijadikan sasaran kamera.

Padahal, fotografi jalanan menekankan pada unsur spontanitas dan alami. 

Sulit untuk menghasilkan ini kalau sang obyek sudah tersadar dijadikan sasaran kamera.

Kamera smartphone lebih menguntungkan dalam hal ini karena ukurannya yang kecil, maka sang pemotret bisa dengan mudah menyembunyikannya dan bahkan memotret dari posisi yang sama dengan orang yang sedang bermain game. Jadi, tidak akan mengundang perhatian dan sang obyek tetap bersikap apa adanya.

5) Tidak Repot


Untuk membawa kamera DSLR pasti butuh perlengkapan lain, yang pasti lensa, atau tas. Ok-lah kalau tidak mau bawa lensa, tetapi sebenarnya tidak menyenangkan loh membawa kamera bergantung pada leher.

Bukan cuma pada akhirnya pegal, tetapi juga berbahaya bagi sang kamera sendiri karena pada saat berjalan akan terayun-ayun dan bisa membentur sesuatu.

Bandingkan dengan smartphone yang cukup dimasukkan di kantung baju atau celana. Beres.

6) Tidak Mengintimidasi



Entah mengapa, tetapi orang cenderung lebih curiga saat sebuah kamera DSLR diarahkan kepada mereka. Mungkin pola pikir kuno bahwa kamera seperti itu hanya untuk kalangan khusus, seperti wartawan saja yang menyebabkan reaksinya seperti ini. 

Sebaliknya, mereka sepertinya biasa saja kalau ada seseorang mengarahkan smartphone kepadanya dan kemudian memotret. Mungkin karena mereka juga melakukan hal yang sama.

Pengalaman selama ini memang menunjukkan bahwa kamera DSLR cenderung lebih mengintimidasi orang ketika diarahkan kepadanya. Kecurigaan langsung hadir. Apalagi satuan pengamanan, pasti matanya langsung melirik ganas dan waspada.

Nah, tambahkan juga dengan berbagai aplikasi edit foto yang ditawarkan, kemudahan untuk langsung upload ke media sosial, atau penyimpanan di internet, makin banyak saja kelebihan kamera smartphone dibandingkan DSLR. Tetapi, paling tidak, dalam 6 hal vital dalam dunia fotografi , kamera smartphone memiliki keunggulan dibandingkan DSLR atau Mirrorless.


EmoticonEmoticon