[GIMP #3] Fitur FREE SELECT Untuk Memilih Bidang Yang Bentuknya Tidak Beraturan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Sunday, May 26, 2019

[GIMP #3] Fitur FREE SELECT Untuk Memilih Bidang Yang Bentuknya Tidak Beraturan

[GIMP #3] Fitur FREE SELECT Untuk Memilih Bidang Yang Bentuknya Tidak Beraturan
Vap Go Meh Bogor 2017
Fitur FREE SELECT adalah fitur pada GIMP (GNU Image Manipulation Program) yang disediakan untuk memilih bidang yang bentuknya "tidak beraturan". Maksudnya bidang yang bentuknya tidak berbentuk persegi (Rectangle) atau bulat (Ellipse).

Sebagai contoh, foto, atau tepatnya image di atas memakai efek selective color alias hanya satu bagian saja yang berwarna, sisanya tidak. Untuk membuatnya, kita harus bisa memisahkan bagian tersebut sebelum kemudian menjadikan sisanya hitam putih.

Masalahnya, bentuk lampion atau lentera pada foto itu tidak persegi, artinya kita tidak bisa memakai RECTANGLE SELECT, juga tidak bulat/bundar yang berarti ELLIPSE SELECT tidak berarti.

Baca juga : :


Lalu, bagaimana memilih bidang dengan bentuk seperti itu? Jawabannya adalah fitur FREE SELECT.

Fitur ini memberikan kebebasan pengedit foto untuk memilih bidangnya sendiri. Ia bisa mengikuti garis-garis lengkung atau bentuk apapun.

Caranya adalah seperti langkah-langkah di bawah ini.

1 Pilih foto yang akan diedit (sebagai contoh , image kotak-kotak di bawah ini akan diedit memakai selective color)


2. Klik Menu TOOLS akan keluar drop down berisi sub menu

3. Pilih Free Selects. Kursor akan berubah menjadi gabungan kursor dengan "untaian tali"

4. Tentukan titik awal dimana pemilihan bidang akan dilakukan dengan meletakkan kursor disana dan kemudian lakukan klik. Akan keluar bulatan kuning . Lanjutkan dengan kemudian melingkupi semua bagian yang hendak diedit hingga berada dalam garis putus-putus.

Perhatikan : titik awal harus menjadi titik akhir pemilihan bidang agar garis putus-putus keluar



5. Free select sudah aktif ketika garis putus-putus sudah tampak berarti bidang itulah yang akan diedit. Sebagai contoh saya akan menambahkan menu "desaturate" untuk menjadikan bagian yang dikotaki tadi menjadi hitam putih



Nah, itulah guna dari fitur free select.

Dengan adanya fitur ini kita bisa mengedit bagian per bagian dari foto atau image yang memang biasanya bentuknya beragam.

Fitur ini akan sangat diperlukan saat mengedit foto karena biasanya obyek yang akan diedit memang jarang yang berbentuk persegi atau bulat.

Silakan mencoba.


EmoticonEmoticon