[GIMP #6] Membuat Foto Hitam Putih Itu Mudah - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, May 29, 2019

[GIMP #6] Membuat Foto Hitam Putih Itu Mudah

[GIMP #6] Membuat Foto Hitam Putih Itu Mudah
Salabenda, Bogor 2015
Mungkin banyak orang berpikir, untuk apa membuat foto hitam putih di zaman seperti sekarang? Kamera digital sudah menyediakan berbagai fitur dan mode yang bisa menghasilkan warna-warna cemerlang, cerah, dan tajam, sesuai dengan selera. Lalu, apa kegunaan foto hitam putih?

Pada dasarnya memang foto hitam putih kurang mendapat tempat di zaman millenial seperti sekarang. Masyarakat lebih suka yang warna warni pada fotonya. Tetapi, jangan salah juga mengartikan bahwa sesuatu yang hanya monochrome seperti itu tidak bisa menarik perhatian.

Para fotografer, baik amatir atau profesional, tahu persis bahwa foto hitam putih bisa menjadi sesuatu yang lebih menarik. Foto hitam putih bisa

1. Memberikan kesan vintage, kuno, usang, dan sifat sentimentil manusia kesan seperti ini tetap bisa membangkitkan rasa dalam diri seseorang

2. Menonjolkan dan memberi penekanan pada bentuk dan garis, karena bagaimanapun foto itu 2 dimensi dan terbentuk dari banyak sekali garis dan lengkungan. Jika seseorang memandang lebih perlu mengedepankan elemen-elemen yang ini, foto hitam putih lebih berguna karena mata manusia tidak akan terpengaruh oleh warna

3. Memberikan kesan muram dan drmatis yang bisa membangkitkan emosi yang melihat

Oleh karena itu, tidak sedikit fotografer atau penggemar fotografi yang menggunakan trik ini untuk menarik perhatian yang melihat.

[GIMP #6] Membuat Foto Hitam Putih Itu Mudah
Botani Square, Bogor 2016
Sadar tentang potensinya dalam menambahkan unsur estetika dalam sebuah foto yang membuat produsen foto tidak akan pernah lupa memberikan satu fitur, yaitu hitam putih pada kamera digital produksinya.

Setiap orang bisa langsung memotret ala zaman dulu dengan memanfaatkan fitur ini.

Tetapi, di zaman sekarang, membuat foto hitam putih juga tidak perlu lagi repot. Maklum juga, manusia gampang berubah pikiran. Saat memotret mungkin saja pemotretnya memandang foto berwarna lebih bagus, tetapi setelah di rumah, ia ingin membuatnya terkesan muram, sedih, atau kuno.

Nah, tentunya di saat itu, kamera tidak bisa lagi dipergunakan untuk merubah image tersebut.

Untungnya, ada banyak sekali aplikasi pengedit foto yang bisa dipergunakan untuk merubahnya, dari full color, penuh warna, menjadi hanya hitam dan putih saja.

Salah satunya adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program). Software gratisan ini memiliki fitur "DESATURATE" alias menghilangkan warna.

Cara mengoperasikannya mudah saja. Bagi yang baru menggunakannya sekalipun tidak akan menemui kesulitan.

Silakan ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Foto Hitam Putih Dari Berwarna Dengan GIMP

1. Buka file yang hendak diubah (pergunakan Menu File ==> Open)


2. Setelah foto tampil di layar editor, pilih menu COLORS

3. Pada drop down menu pilih menu "DESATURATE"

4. Akan keluar 3 pilihan, yaitu LIGHTNESS, LUMINOSITY, dan AVERAGE. Ketiganya adalah setting standar yang berbeda dalam pencahayaan dan kontras. Silakan coba satu persatu untuk melihat apakah efeknya sudah sesuai kemauan

5. Klik "OK"

6. Di layar editor akan terlihat bahwa foto sudah menjadi hitam putih. Image ini masih bisa diedit lagi sesuai kemauan

7. Kalau sudah cukup dan hendak menyimpan, klik MENU

8. Pilih "Save as" kalau hendak menyimpan dalam fotmat foto yang hanya bisa dibuka GIMP atau "EXPORT AS" untuk menyimpan dalam bentuk JPG atau PNG

9. Beri nama dan simpan

10. SELESAI (Hasil editan di bawah ini)


Sangat tidak susah merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih di GIMP. Tetapi, kalau ternyata belum terbiasa dan terburu-buru waktu, silakan coba juga membuat foto hitam putih dengan Photoscape.

Selamat mencoba.



EmoticonEmoticon