Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Sebelum Memotret ! AC Hotel Bikin Deg-Degan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Sunday, May 26, 2019

Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Sebelum Memotret ! AC Hotel Bikin Deg-Degan

Kamera adalah senjata seorang fotografer, tidak beda dengan senapan bagi seorang prajurit. Oleh karena itu, ia harus merawatnya dengan baik untuk memastikan bahwa kameranya siap pakai setiap saat.

Seringkali hal-hal kecil yang terlupakan menjadi penghalang dan penyebab utama gagalnya seorang fotografer mendapatkan foto yang bagus. Momen yang bagus juga sering terlewat karena ketidaksiapan peralatan utamanya.

Pengalaman tersebut saya rasakan beberapa waktu yang lalu. Kelalaian dalam menjaga kebersihan lensa kamera kesayangan, Canon 700 D sempat membuat kekhawatiran muncul ada masalah pada kameranya.

Saat itu, saat sedang berkunjung ke Semarang, salah satu obyek yang menarik adalah Bus Trans Semarang. Sebuah hal yang menarik untuk dijadikan bahan tulisan bagi salah satu blog yang saya kelola.

Singkatnya, ketika melihat hasil jepretan, ternyata hasilnya seperti berkabut. Ada lapisan putih tipis terlihat pada hasil foto di layar monitornya.

Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Sebelum Memotret ! Bisa Bikin Deg-Degan

Ketika dicoba sekali lagi, hasilnya pun tetap sama.

Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Sebelum Memotret ! Bisa Bikin Deg-Degan

Padahal, saya cukup yakin bahwa lensa kamera sudah dibersihkan sebelum keluar dari kamar hotel. Sempat deg-degan karena dipikir ada masalah dengan lensa atau kamera yang dipergunakan.

Setelah dilihat ulang, kamera berjalan dengan sempurna. Hanya saja, ada masalah sedikit yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, yaitu adanya embun di lensa fix 50 mm yang dipakai. Rupanya embun tipis itu hadir karena AC di hotel terlalu dingin dan membuat uap air menempel pada lensa.

Setelah dibersihkan, masalah terselesaikan dengan baik. Hasil fotonya pun kembali seperti yang diharapkan. Tajam dan jelas.

Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Sebelum Memotret ! AC Hotel Bikin Deg-Degan

Sebuah pelajaran penting untuk selalu memeriksa kebersihan lensa sebelum dipergunakan, dan bukan hanya sebelum kamera dibawa. Ada kemungkinan masalah timbul dalam rentang waktu yang ada.

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah masalah timbul selama itu.

Jadi, satu-satunya cara untuk memastikan foto yang dihasilkan sesuai keinginan adalah dengan memeriksa kesiapsediaan kamera sebelum memotret.

Jangan sampai karena masalah kecil, hasil fotonya menjadi mengecewakan.


EmoticonEmoticon