4 Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Friday, June 21, 2019

4 Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan

Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan

Foto itu statis alias tidak bergerak. Foto hanyalah satu rekaman sebuah momen sesaat. Satu momen saja.

Sifat foto yang statis ini menjadi satu tantangan tersendiri ketika kita hendak menampilkan sebuah obyek yang sedang bergerak, contohnya membuat foto orang yang sedang berjalan. Bagaimana bisa membuat orang "terlihat" sedang berjalan dalam sebuah foto, padahal apa yang terekam dalam sebuah foto bersifat statis dan tidak bergerak ?

Jawabannya ada dalam foto itu sendiri. Memang tidak mungkin menjadikan obyek tersebut benar-benar bergerak, tetapi kita bisa menimbulkan "kesan" dalam pikiran orang yang melihat bahwa obyeknya sedang bergerak atau melakukan sesuatu.

Ingat ya hanya kesan. Bukan benar-benar terjadi obyek dalam foto bergerak, karena kalau terjadi kebanyakan orang akan kabur dan menganggap ada setan yang merasuki foto mereka.

Nah, untuk menimbulkan kesan berjalan pada foto "orang sedang berjalan", perlu sedikit pengetahuan dari sesuatu yang kita sudah tahu, yaitu "cara berjalan".

1. Orang berjalan dengan meletakkan satu kaki di belakang yang lain, tidak sejajar


Kunci paling utama disini. Untuk berjalan, setiap orang akan meletakkan satu kaki di depan, dan satu kaki di belakang. Tidak pernah orang berjalan dengan dua kaki sejajar. Itu namanya diam atau melompat.

Jadi, kalau mau membuat foto orang berjalan, pastikan posisi kaki TIDAK SEJAJAR.

Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan


2. Berikan ruang di depan obyek


Manusia berjalan ke depan pasti membutuhkan ruang. Jadi, pastikan adanya ruang di depan obyek agar terlihat ia sedang mengarah ke depan.

Foto yang paling atas memperlihatkan kesan bahwa orangnya sedang berjalan sambil membawa sepeda, tetapi bagaimana kalau ruang di depannya dihilangkan.

Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan

Meski kakinya sudah pada posisi melangkah, sebagian besar kesan berjalannya menjadi hilang karena ruang di depannya menghilang.

3. Tambahkan berbagai "ciri" berjalan


Terkadang dalam satu situasi kita ingin memotret dari depan, belakang. Posisi yang sebenarnya tidak menguntungkan untuk membuat foto orang berjalan. Posisi kakinya menjadi terkesan sejajar karena jarak antara kedua kaki menjadi terkesan terlalu dekat.

Dalam hal ini, perlu ditambahkan beberapa ciri lain yang dilakukan orang berjalan, seperti kaki yang menekuk atau tangan yang berayun.

Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan

4. Pergunakan Burst Mode


Dari sisi teknis kamera, untuk membuat foto orang berjalan, terutama ketika berburu foto di ruang publik atau jalanan dimana kita tidak bisa mengatur obyek, pergunakan Burst Mode atau Continuous Shooting.

Dalam satu jepretan, kamera akan merekam beberapa kali, dan hal itu memperbesar kemungkinan berbagai aspek dan pose tubuh di atas bisa terekam dalam salah satu foto.

Tips Membuat Foto Orang Sedang Berjalan

Nah, kira-kira seperti itulah tipsnya.

Silakan coba sendiri membuat foto orang sedang berjalan versi Anda.


EmoticonEmoticon