Ukuran Megapixel Sama Tetapi Hasil Foto Berbeda ? Ini Penjelasannya ! - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, June 12, 2019

Ukuran Megapixel Sama Tetapi Hasil Foto Berbeda ? Ini Penjelasannya !

Ukuran Megapixel Sama Tetapi Hasil Foto Berbeda ? Ini Penjelasannya !
Rusa Totol Istana Bogor 2017

Megapixel (MP), megapixel, dan sekali lagi megapixel. Kata ini selalu diulang-ulang dalam setiap iklan kamera, terutama kamera ponsel pintar/smartphone. Pada spesifikasi yang ditawarkan fitur kameranya selalu mengedepankan besarnya ukuran megapixel yang diusung sebuah kamera. Iya kan?

Dan, hasil promosi itu membuat banyak orang membayangkan bahwa ukuran megapixel yang semakin besar sama artinya dengan kualitas foto yang semakin baik. Oleh karena itu, setelah mereka membeli terkadang mereka kaget sendiri karena ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Banyak yang kemudian membandingkan antara dua kamera yang memiliki ukuran megapixel (resolusi) yang sama, tetapi hasil fotonya berbeda. Tidak sedikit kemudian yang merasa kecewa dan tertipu karena hal ini.

Bagaimana hal ini terjadi? Kenapa dua kamera dengan ukuran megapixel yang sama ternyata hasilnya bisa berbeda jauh dalam hal ketajaman dan kualitas fotonya?

Jawabnya karena LENSA dan SENSOR kameranya.

Lensa dan sensor yang berkualitas biasanya akan bisa menghasilkan foto yang tajam dan juga detail yang bagus. Terlepas dari ukuran resolusi fotonya. Meskipun sama ukuran resolusinya, kalau kedua faktor ini berbeda hasilnya ya jelas berbeda.

Besaran resolusi hanya berkaitan dnegan ketika sebuah foto harus dicetak ke atas kertas. Contohnya, jika sebuah foto dengan resolusi 24 MP dicetak di atas kertas ukuran 100 xm x100 cm akan terlihat lebih baik dan tidak pecah. Berbeda halnya dengan kalau foto ukuran 10 MP dicetak di kertas berukuran sama. Hasil jadinya jelas akan terlihat pecah dan tidak enak dilihat. Bintik-bintiknya akan terlihat jelas sekali.

Hal itu bisa terjadi karena ukuran dot pada foto 24 MP lebih kecil dan rapat dibandingkan yang 10 MP.

Tetapi, resolusi itu tidak berkaitan langsung dengan ketajaman atau kecerahan warna sebuah foto.

Berbeda dari banyak yang dibayangkan orang, ukuran megapixel sebenarnya tidak menjamin kualitas foto, melainkan ukuran foto itu sendiri.

Jadi, kalau ada dua kamera dengan besaran MP yang sama belum tentu punya kualitas foto yang berbeda. Banyak foto full frame (sensor) berukuran 18 MP dan kalau dibandingkan dengan kamera APS-C (Crop Sensor) hasil fotonya akan terlihat lebih baik dari segi ketajaman dan kecerahannya. Itu karena sensornya punya bidang yang lebih besar sehingga bisa menangkap cahaya dan menampilkan detail dengan baik.

Megapixel bukanlah segalanya dan bukan penentu kualitas foto.

Jangan salah paham.

2 comments:

  1. Betul ngga mas jika untuk hasil tajam tidaknya hasil bidikan gambar dari kamera itu .., tergantung dari besar kecilnya keterangan apparture (keterangan angka yang ada titiknya ?.

    Misalnya 8MP/1.7 atau 8MP 2.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak benar mas Him. Angka itu merujuk pada besaran aperture maksimum yang bisa dicapai oleh lensa, biasanya dimulai dengan huruf f/1.8 atau f/2.2

      Aperture tidak berkaitan dengan ketajaman hasil fotonya.

      Urusan ketajaman hasil foto itu ditentukan oleh Lensa dan Sensor bukan besaran aperture. Kualitas lensa yang berperan penting. Meski bukaan aperture maksimumm sama tetapi kualitas berbeda, ya tetap hasilnya juga akan berbeda.

      Aperture itu berkaitan dengan volume cahaya yang masuk

      Delete


EmoticonEmoticon