6 Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Thursday, August 1, 2019

6 Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan

Fotografi jalanan memang bukanlah tentang memotret jalan atau memotret di jalan saja. Definisi genre fotografi yang dipelopori Henri Cartier Bresson ini lebih luas lagi, yaitu membuat foto di ruang publik. Semua ini bisa mencakup taman, restoran, sungai, atau di lokasi apapun yang bisa diakses oleh umum.

Jadi, bukan sekedar membuat foto jalanan saja.


Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan


Meskipun demikian, bagi para pemula, rasanya melakukan hunting foto di jalanan bisa menjadi awal yang bagus untuk belajar banyak hal terkait dengan apa itu fotografi jalanan.

Bagaimanapun, jalanan adalah ruang publik dan sampai sekarang masij menjadi salah satu lokasi favorit para penggemar street photography untuk dijadikan lahan berburu foto. Lagipula, dengan begitu seorang pemula bisa belajar beradaptasi dengan situasi dan kondisi di lapangan dimana kebanyakan pemotretan akan dilakukan.

Tidak ada ruginya berkelana di jalanan manapun dan berburu momen.

Cuma, memang ketika pertama kali terjun ke jalanan sering hadir kebingungan, yaitu terkait obyek foto. Bukan karena tidak ada obyek, tetapi biasanya karena semua seperti terlalu semrawut dan tidak enak dipandang. Kalau dipandang saja sudah tidak enak, bagaimana mau dijadikan foto yang diharapkan indah.

Nah, sebenarnya tidak juga. Coba saja luangkan waktu untuk diam dan menunggu sejenak. Pasti akan terlihat bahwa ada banyak obyek foto di jalanan. Jika kemudian digabungkan dengan kreatifitas maka hasilnya bisa bagus, setidaknya lumayan enak untuk dilihat.

Cobalah lihat beberapa obyek foto di jalanan di bawah ini.

1. Jalanannya sendiri


Silakan diperhatikan. Jalanan itu simetris dan mata kita akan melihatnya terbentuk dari garis-garis.

Yang seperti ini kalau dipotret dari sudut pandang yang tepat bisa menghasilkan sebuah foto yang memiliki leading line yang bagus.

Jalan Sudirman Bogor

2. Lanskap


Jangan pernah berpikir bahwa fotografi lanskap (landscape) hanyalah memotret pemandangan alam saja. Landscape ini luas dan tidak sempit seperti banyak orang memandang.

Yang namanya pemandangan itu bisa apa saja. Dan, jalanan pun bisa menyediakan pemandangan yang bagus dan enak dilihat.

Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan
Jalan Soleh Iskandar Bogor

3. Manusia


Banyak. Tidak terhitung.

Namanya ruang publik, ruang umum, pastilah banyak sekali orang berlalu lalang. Semua ini akan menyediakan obyek yang bisa dikata tidak terhingga bagi seorang fotografer jalanan.

Tinggal memilih mana yang terlihat menarik dan sesuai dengan ide yang ada di kepala saja. Kemudian, arahkan kamera dan "ceklek" jadilah foto bertema human interest.

Jalan Suryakencana Bogor

Jalan Sudirman Bogor

Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan
Jalan Suryakencana Bogor

4. Binatang


Jangan salah. Bukan hanya orang saja yang berkeliaran di jalanan. Binatang juga. Dan semua ini bisa menjadi obyek yang bagus kalau kita jeli memanfaatkannya.

Foto ini pernah diikutkan pada lomba foto Wiki Cinta Alam Indonesia 2018 dan lolos saringan tahap 2
Obyek Foto Di Jalanan Untuk Belajar Fotografi Jalanan
Jalan Sudirman Bogor

5.  Profesi


Termasuk manusia juga, tetapi ketika mereka sedang menjalankan pekerjaan untuk mencari nafkah. Yang seperti ini bagus untuk bisa memberikan gambaran kehidupan di jalanan, sekaligus bisa dimasukkan ke dalam fotografi human interest.

Jalan Suryakencana Bogor
Jalan Soleh Iskandar Bogor


6. Kendaraan


Fotografi jalanan itu memotret apa saja. Bukan hanya manusia, tetapi juga termasuk benda-benda tidak bernyawa.

Dan, salah satu yang banyak ada di jalanan, selain manusia, adalah kendaraan. Baik bermotor atau tidak.

Yang seperti ini bisa dijadikan obyek foto yang menarik. Lagi-lagi tergantung ide dan kreativitas pemotretnya.



Cobalah memotret ke-6 obyek foto di jalanan yang umum ini. Jangan merasa terlalu remeh. Kata Richard Branson, yang bukan fotografer,

"Tidak ada ide yang terlalu kecil"
Dalam fotografi jalanan (dan sebenarnya dalam fotografi) pernyataan ini berlaku. Jangan remehkan obyek kecil karena justru bisa menjadi sebuah foto yang sangat menarik dan mengundang perhatian.

Yang terpenting adalah mengembangkan kreativitas dan ide.

Lagipula, membantu mengurangi kebosanan memotret yang itu itu saja kalau hanya di rumah saja.


EmoticonEmoticon